Di Momen HUT ke-494, Jakarta Segera Berbenah Perluas Ruang Hijau untuk Tangkal Polusi

Fakta Unik Tentang DKI Jakarta
Fakta Unik Tentang DKI Jakarta

POJOKSATU.id, JAKARTA- Pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengatakan di momen HUT DKI Jakarta ke-494, Pemprov DKI segera berbenah untuk menata kembali transportasi umur di Ibu Kota.

Mengingat saat ini polusi tertinggi di Jakarta berasal dari transportasi darat, yakni dari mobil dan sepeda motor.

“Penyumbang polusi udara Jakarta menurut Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta transportasi darat 75%, pembangkit listrik dan pemanas 9%, pembakaran industri 8% dan pembakaran domestik 8%,” kata Djoko saat dihubungi Pojoksatu.id, Sabtu (12/6/2021).

Menurut Djoko, kota-kota maju di dunia sudah mencanangkan penataan kembali kawasan urbannya dengan mengutamakan pengembangan sistem transportasi publik dan membatasi ketat penggunaan kendaraan bernitor pribadi.


Bahkan, kota-kota maju di dunia sudah memperluas ruang terbuka hijau dan ruang terbuka biru. Hal tersebut harus menjadi contoh terhadap Jakarta untuk membenahi
polusi yang tiap hari mencemari udara Ibu Kota.

“Kota-kota modern dan maju di dunia, seperti Patis, London, juga Singapura sudah mencanangkan penataan kembali kawasan urbannya dan bertekad memperluas ruang terbuka hijau dan ruang terbuka biru,” ujarnya.

Seperti diketahui, DKI Jakarta akan berulang tahun. Tepatnya pada 22 Juni 2021 mendatang.

Menyambut HUT DKI Jakarta ke-494, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun mengangkat tema “Jakarta Bangkit”.

Berdasarkan infografik yang dibagikan Pemprov DKI Jakarta di akun Instagram @dkijakarta, acara HUT DKI Jakarta ke-494 akan dimulai dengan perayaan hari lingkungan hidup sedunia.

Perayaan dilakukan pada Sabtu 5 Juni dengan acara talkhshow virtual aksi dan target Jakarta mengelola sampah dan perilaku konsumsi yang berkelanjutan (suistanable consumtion).

Kemudian dilanjutkan peluncuran ‘Jakarta Sadar Sampah’ dan ditutup dengan aksi hemat energi dengan pemadaman lampu di 7 ikon Jakarta.

Selanjutnya, perayaan juga dimeriahkan dengan Festival Jakpreuner atau Jakpreuner Fest 2021. Pada 5 sampai 15 Juni diadakan pameran foto Jakpreuner Fest; 24 Mei hingga 24 Juni kompetisi bisnis; 20 Juni kelas super; 21-22 Juni kelas personal; 21-26 Juni Pasar Jakpreuner yang dilakuna secara online dan ofline: terakhir pada 25-26 Juni dan 27 Juni digelar malam apresiasi.

(Fir/Pojoksatu)