Pengamat: Bukan Cuma Penanganan Banjir dan Macet, Ini PR yang Sesungguhnya Untuk Gubernur DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto repro Youtube

POJOKSATU.id, JAKARTA- Pengamat kebijakan publik Trubus Rahardiansyah mengatakan masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus diselesaikan Anies Baswedan di DKI Jakarta.


Seperti penanganan banjir, kemacetan, kemiskinan, pengangguran dan pendidikan, ditambah lagi penanganan virus corona atau Covid-19 yang masih mengintai Ibukota.

“Masih banyak PR, seperti masalah banjir. Ini perlu penanganan yang super cepat,” kata Trubus saat dihubungi Pojoksatu.id di Jakarta, Senin (7/6/2021).

Ia menilai, Anies Baswedan belum berhasil mengatasi masalah banjir. Bahkan, beberapa tahun terakhir ini titik banir di sejumlah daerah di Jakarta bertambah.


“Terus masalah banjir, itu titik banjirnya sama banyak nggak teratasi dan banyak yang dulunya tidak banjir sekarang menambah banjir terus,” ungkapnya.

Karena itu, Trubus menyarankan Anies Baswedan untuk melakukan koordinasi yang efektif dengan daerah penyangga DKI Jakarta.

“Pemprov DKI harus lebih intens atau efektif melakukan koordinasi dengan daerah penyangga, seperti Bogor, Bekasi, Depok, Tangerang dan Bandung,” ucapnya.

“Ini perrlu penanganan yang super cepat, sama halnya dengan kemacetan juga butuh penanganan yang cepat dari Gubenur Jakarta,” sambungnya.

Kemudian, lanjut Trubus, masalah kemacetan yang juga belum efektif penanganannya oleh Pemprov DKI Jakarta.

Menurutnya, pola kerja mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengatasi kamacetan masih sama dengan pola Gubenur sebelumnya.

“Cuma yang membedakan mengenai kemacetan baru di atasi dengan kebijakan ganjil genap,” jelasnya.

Karena itu, tambah Trubus untuk mengatasi semua permasalahan yang ada di DKI Jakarta sejatinya butuh Gubenur yang kerja cepat.

“Masalah di Jakarta itu kompleks, jadi jika ingin jadi Gubernur di Jakarta butuh kerja yang cepat, cekatan dalam mengambil kebijakan,” pungkas Trubus.

(muf/pojoksatu)