Adu Prestasi 5 Gubernur DKI Jakarta, Siapa yang Terbaik?

5 Gubernur DKI Jakarta
5 Gubernur DKI Jakarta

Ia juga mencetuskan mengembangkan sisten transportasi kota modern juga segera melibatkan subway dan monorel.

Sosok yang akrab disapa Bang Yos ini juga memberlakukan larangan merokok di tempat umum mulai 4 Februari 2006.

Bang Yos juga menerapkan pemberlakuan PP Nomor 43 Tahun 1993 terutama Pasal 51 ayat 1 tentang peraturan kendaraan bermotor melaju di sebelah kiri.

Penertiban pengendara motor harus di jalur kiri diberlakukan sejak 8 Januari 2007 di ruas Jalan Gatot Subroto hingga kawasan Cawang, Jalan DI Panjaitan, Jalan MT Haryono, Jalan S Parman, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan Letjen Suprapto.


Selain di kawasan itu, pemberlakukan sepeda motor melaju di sebelah kiri juga ditetapkan di Jalan Margoda (Depok), Jalan Sudirman (Tangerang), dan Jalan Ahmad Yani (Bekasi).

Pada 2 Maret 2007, Bang Yos membuka pusat layanan pesan singkat (SMS) untuk menampung berbagai keluhan warga Jakarta.

SMS Center dikelola Biro Humas dan Protokol Pemprov DKI dijadikan bahan bagi gubernur dalam memperbaiki layanan publik dan kinerja aparat pemerintah di bawahnya.

Pusat layanan bersifat satu arah, sehingga pesan singkat yang dikirimkan seorang warga tidak akan dibalas. Nomor pusat layanan itu adalah 0811-983899.

Bang Yos yang menjadi satu-satunya gubernur yang mengalami lima kali pergantian presiden ini juga pernah menutup lokalisasi Kramattunggan seluar 14 hektar yang sudah berdiri sejak 1970-an.