Begini Detik-detik Helikopter Latih Sebelum Terjatuh, Pemancing di Danau Kocar-Kacir, Takut Meledak

Helikopter jatuh di Danau Buperta Cibubur
Helikopter jatuh di Danau Buperta Cibubur

POJOKSATU.id, JAKARTA- Polisi mengungkap detik-detik helikopter latih jenis Robinson R44 terjatuh di Danau Buperta, Cibubur.


Kabid Humas Polda Metro Jaya  Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengatakan sekitar pukul 09.30 WIB, heli mulai melakukan take off di sana.

“Bermula saat Heli Robinson R44 yang diawaki oleh dua orang yaitu pilot L dan siswanya O, take off pukul 09.00 WIB dari lapangan latihan Buperta Cibubur,” ujar dia kepada wartawan, Jumat 28 Mei 2021.

Heli berhasil mengudara dan melakukan tiga kali putaran di area latihan Buperta. Tapi, saat putaran ke empat pesawat hilang kontak pukul 09.30 WIB. Usut punya usut, ternyata pesawat tersebut terjatuh. Menurut keterangan saksi yang melihat, pesawat tidak meledak meski jatuh ke air.


“Pesawat latih terbang dari arah timur, tiba-tiba jatuh tepat di depan saksi dan rekan-rekan yang memancing. Dengan cepat mereka berhamburan lari takut pesawat meledak,” ucap Yusri.

Dia menambahkan, berdasar keterangan saksi kedua, heli yang datang dari arah timur itu awalnya stabil. Tapi, pasca mendekat ke permukaan air pesawat oleng ke kanan lalu masuk ke dalam air.

“Menurut saksi pesawat tidak mengeluarkan asap atau ledakan saat di udara, pesawat pun saat masuk ke air mesin dalam keadaan hidup dan beberapa menit kemudian mesin mati,” kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, pilot dan siswa berhasil menyelamatkan diri setelah 15 menit pesawat jatuh. Keduanya dilarikan ke Rumah Sakit. Yusri menyebut polisi telah memeriksa tiga saksi di lokasi jatuhnya heli. Meski begitu, penyebab kecelakaan masih diselidiki.

“Sampai saat ini bangkai Heli masih belum dievakuasi menunggu tim evakuasi dari PT Dirgantara,” kata Yusri lagi.

Sebelumnya diberitakan, satu unit helikopter dikabarkan terjatuh di Danau Buperta, Cibubur, Jumat 28 Mei 2021. Polisi membenarkan hal ini, namun polisi menyebutnya sebagai pesawat latihan.

“Pesawat pelatih kan beda sama helikopter,” kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Kota Depok, Komisaris Polisi Supriyadi kepada wartawan, Jumat, 28 Mei 2021.

(dhe/pojoksatu)