Ganjar-Sandiga Uno Duet Maut di Pilpres 2024, Pengamat: Sulit, Bakal Dijegal oleh Prabowo dan Puan Maharani

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto Twitter Humas Pemprov Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto Twitter Humas Pemprov Jateng

POJOKSATU.id, JAKARTA- Pengamat politik Ujang Komarudin menyoroti isu pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno akan menjadi duet maut di Pilpres 2024 mendatang.

Isu tersebut berhembus di tengah panasnya hubungan Gubenur Jawa Tengah (Jateng) itu dengan PDI-Perjuangan.

Menurut Ujang, keduanya akan sulit maju di Pilpres 2024 karena tidak akan ada partai yang mengusung kedua tokoh milenial itu.

“Ganjar-Sandi sulit maju karena tak punya partai. Problem keduanya tak punya perahu. Mendapatkan perahu tidaklah mudah,” ujarnya dihubungi Pojoksatu.id di Jakarta, Selasa (25/5/2021).


Apalagi untuk menang, kata Dosen Universitas Al-Azhar itu, sangat sulit.

Isu Ganjar-Sandi akan berpasangan di 2024 isu yang belum jelas. Kalau pun jadi. Keduanya perlu perahu.

Menurut Ujang, jika Sandiaga Uno akan maju sebagai capres atau cawapres pasti akan dijegal Prabowo Subianto.

Begitu pun sebaliknya, tambah Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu, Ganjar akan dihambat Putri Megawati Soekarnoputri yaitu Puan Maharani.

“Di PDIP ada Puan. Dan di Gerindra ada Prabowo. Keduanya tidak akan bisa maju karena karena ada dua-duanya. Jangan2 keduanya Ganjar-Sandiga juga tak bisa maju karena tak dapat Partai,” tandas Ujang.

Sebelumnya, Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (Joman) Emmanuel Ebenezer menyandingkan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno di Pilpres 2024 mendatang.

Ia menilai, jika kedua tokoh tersebut berpasangan bukan tidak mungkin akan menjadi duet maut di Pilpres 2024 mendatang.

Terlebih lagi, kedua tokoh tersebut saling mempunyai elektabilitas yang menjanjikan dilihat dari hasil survei baru-baru ini.

“Ganjar-Sandiga Uno duet maut di pilpres 204, elektabilitas mereka sangat bagus di beberapa lembaga survei,” ujarnya kepada Pojoksatu.id di Jakarta, Senin (24/5/2021).

Lebih lanjut, pria akrab dipanggil Noel itu memprediksi syarat pemenangan Pilpres 2024 pasangan berbasis nasionalis, religius dan milenial.

Ketiga syarat itu, ungkap Noel, dimilki Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dan Mentri Parawisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu.

“Pemenangan 2024 pasangan berbasis nasionalis, religius dan milenial. Itu dimilki Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno,” ucapnya.

Karena itu, aktivis 98 itu menyakini, duet Ganjar dan Sandiaga memiliki peluang terbesar untuk memenangi kompetisi 2024.

Meski demikian, Noel tak menampik bahwa masih ada sejumlah tokoh politik yang juga diunggulkan di Pilpres 2024.

“Memang ada sejumlah nama lain yang berpeluang. Tapi saya kira keduanya paling unggulan,” ungkapnya.

(muf/pojoksatu)