Optimalkan Ramadan dan Idulfitri 1442 H, Telkomsel Pacu Lonjakan Layanan Data Hingga 49 Persen

Optimalkan Ramadan dan Idulfitri 1442 H, Telkomsel Pacu Lonjakan Layanan Data Hingga 49 Persen
Optimalkan Ramadan dan Idulfitri 1442 H, Telkomsel Pacu Lonjakan Layanan Data Hingga 49 Persen

POJOKSATU.ID, Jakarta – Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah masih harus dilalui di tengah pandemi Covid-19. Telkomsel yang memiliki fungsi sebagai society enabler terus mendampingi masyarakat di momen hari raya dengan kelancaran jaringan komunikasi.


Telkomsel juga memberikan kemudahan dalam mengakses layanan digital terkini dengan penyediaan jaringan broadband. Koneksi ini hadir untuk memberikan kenyamanan konsumen dalam beraktivitas, khususnya di momen lebaran ini untuk menjalin silaturahmi secara virtual.

Sejak Ramadhan hingga Idul Fitri 2021, terjadi peningkatan trafik layanan data dari tahun lalu. Menurut data Telkomsel, trafik layanan data ini melonjak hinggal 39,7 Pertabyte. Terjadinya lonjakan ini dilatarbelakangi oleh tingginya pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital untuk sarana bersilaturahmi di tengah kondisi memerangi Covid-19.

Selain melonjaknya layanan data, layanan SMS pun mengalami peningkatan sebanyak 33% dari tahun sebelumnya. Dan layanan panggilan suara juga meningkat sebesar 3% dari hari biasanya.

Telkomsel memiliki platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data, diantaranya adalah CloudX Telkomsel layanan video conference, VoLTE Telkomsel, MAXStream Telkomsel. Dan, semua platform tersebut mengalami peningkatan. CloudX meningkat sebesar 68%, VoLTE megalami lonjakan sebesar 12%, dan MAXStream Video meningkat sebesar 410%.

Telkomsel mengelompokan 6 top kategori platform yang mengalami pengingkatan dari hari biasanya, selama Ramadan dan Idul Fitri. Yaitu Mobile Gaming meningkat sebesar 81%, browsing meningkat sebesar 36%, Video Streaming 22%, Layanan Komunikasi 14%, Situs/Aplikasi Media Daring 11%, dan Sosial Media meningkat sebanyak 7%.

Telkomsel juga mencatat 6 aplikasi yang banyak diakses oleh konsumen selama Ramadan dan Idul Fitri 2021, diantaranya adalah Youtube, Instagram, Faceboook, Tiktok, Whatsapp, dan Mobile Legends.

Dengan kondisi saat ini yang masih terus mengandalkan komunikasi melalui virtual, ada lima wilayah yang mengalami kenaikan trafik selama Ramadan dan Idul Fitri, diantaranya Sumatera Tengah, Utara, dan juga Selatan yang mengalami peningkatan sebesar 13%. Sedangkan dua wilayah lainnya, Jawa Timur mengalami peningkatan sebanyak 12%, dan Jawa Tengah sebesar 11%.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, pihaknya memaknai perayaan Idul Fitri sebagai momentum untuk membuka kesempatan bagi masyarakat untuk #BukaPintuKebaikan dengan terus menjallin silaturahmi walau dilakukan secara virtual melalui jaringan broadband yang andal dan berteknologi dari Telkomsel.

“Sebagai leading digital telco company, Telkomsel secara konsisten terus memastikan prinsip customer-centric di setiap produk, layanan, dan konektivitas yang dihadirkan agar dapat senantiasa mendampingi dan meningkatkan pengalaman masyarakat dalam menjalani aktivitas kesehariannya,” pungkas Nugroho.

(adv/dia/pojoksatu)

Loading...