Ratusan WN China Masuk Indonesia Bukti Pemerintah Mulai Melempem, KAMI se Jawa Bakal Lakukan Perlawanan

POJOKSATU.id, JAKARTA- Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) se Jawa menyesalkan sikap pemerintah yang mulai melempem terhadap warga negara China yang masuk ke Indonesia

Pasalnya, di tengah larangan mudik pemerintah justru mengijinkan ratusan Tenaga Kerja Asing dari China berbondong- bondong masuk ke Indonesia lewat Bandara Sotte.

“Mempertontonkan inkonsistensi yang jauh dari keadilan dan perlindungan bagi rakyat Indonesia, namun justru memanjakan TKA,” kata salah satu anggota KAMI, Djudju Purwantoro dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/5/2021).

Djudju Purwantoro menilai, larangan mudik pemerintah itu telah merugikan masyarakat yang jauh dari persuasi dan manusiawi.


Selain itu aturan tersebut dinilai sebagai kebijakan inkonsistensi yang menciderai keadilan masyarakat.

“Stop kebijakan inkonsistensi yang menciderai keadilan. Ciptakam kedamaian, kebersamaan, kearifan, dan kenyamanan khususnya menjelang hari raya Idul Fitri,” ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 157 Warga Negara Asing (WNA) asal China sampai di Indonesia melalui Bandara Udara Soekarno Hatta, Cengkareng, Sabtu (8/5/2021) kemarin.

Namun demikian pihak Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menegaskan bahwa para WNA tersebut telah memenuhi aturan keimigrasian.

“Seluruh WNA telah memenuhi aturan keimigrasian dengan jenis visa dan kegiatan yang sesuai dengan Peraturan Menkumham Nomor 26 tahun 2020 yaitu untuk kegiatan bekerja, bukan untuk kunjungan wisata,” jelas Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Jhoni Ginting dikutip dari Antara, Minggu (9/5/2021).

(fir/pojoksatu)