Ditandai Pemberian Ulos, Dukungan ke IRW di Munas AAI 2021 Kian Bertambah

Pemberian ulos sebagai bukti dukungan untuk IRW di Munas AAI (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Musyawarah Nasional Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) akan digelar Juni 2021 di Bandung, Jabar. Ismak-Ranto-Wenda (IRW) calon kuat memimpin AAI periode 2021-2026.


Dewan Pimpinan Cabang (DPC) AAI Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Jakarta Barat, telah memberikan dukungan penuh kepada Ismak-Ranto-Wenda (IRW) untuk memimpin AAI periode 2021-2026.

Dukungan ini ditandai dengan pemberian ulos atau mangulosi kepada M. Ismak dan Ranto Simanjuntak, oleh Plt. Ketua DPC AAI Jakarta Timur Anggiat Sinurat bersama


Penasihat DPC AAI Jakarta Timur, Alamsyah Sinurat.

Kain ulos tersebut langsung didatangkan dari Danau Toba, Sumatera Utara.

Hal ini sebagai simbol dukungan penuh kepada mereka untuk kepemimpinan AAI selanjutnya.

M Ismak yang merupakan kandidat ketua umum petahana, sangat mengapresiasi dukungan yang kali ini diberikan AAI Jakarta Timur dan Jakarta Utara tersebut.

“Penghargaan khusus yang saya dapatkan di sini, diberikan dukungan penuh secara simbolis melalui adat Batak. Saya akan membawa AAI lebih maju dari 5 tahun sebelumnya,” ujar Ismak di Restaurant Portable Kitchen, Hotel Arion, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (25/4/2021) malam.

Apabila nantinya ia terpilih kembali memimpin AAI, Ismak berjanji akan membenahi kepengurusan DPP dan DPC serta kesekretariatan.

“Tidak sampai dari lima tahun AAI akan besar dari saat ini,” ucapnya.

Terkait adanya anggota yang diajak untuk bergabung dengan organisasi advokat lain. Hal tersebut menurut Ismak merupakan permasalahan yang harus diselesaikan ke depannya.

“Problem terbesar adalah setelah lahirnya Peradi banyak kepengurusan yang merangkap di dua organisasi advokat. Para anggota khususnya pengurus nantinya harus kita sadarkan dan komitmen untuk membesarkan AAI,” tegas Ismak.

Senada dengan Ismak, kandidat wakil ketua umum AAI, Ranto Simanjuntak mengatakan jika terpilih nanti akan membawa AAI lebih baik lagi.

“Kita akan membawa AAI lebih tegak dan membawa anggota yang ada di luar agar kembali ke rumah AAI tidak terkait lagi dengan organisasi Peradi ataupun organisasi advokat lain,” tutur Ranto.

Ketua DPC AAI Jakarta Pusat Andreas Nahot Silitonga, yang juga hadir dalam acara tersebut, mendukung kepemimpinan IRW ke depannya terutama calon ketua umum M. Ismak.

Karena menurutnya, Ismak selalu konsisten mempertahankan dan memajukan AAI.

“Masa-masa tersulit yang dialami oleh AAI adalah saat organisasi Peradi terpecah-belah, dan beberapa kelompok Peradi yang terpecah tersebut berusaha mengajak anggota AAI untuk bergabung,” katanya.

“Namun, Ismak terus konsisten bahwa dia tidak bisa kemana-mana, itu kita harus acungin jempol,” jelas Nahot Silitonga.

Nahot yang juga manajer kampanye IRW itu menambahkan, selama kepemimpinan Ismak, AAI juga mampu mencetak kader-kader baru.

Sementara, Penasihat DPC AAI Jakarta Timur Alamsyah Sinurat mengatakan, dirinya sudah mengikuti kepemimpinan Ismak selama lima tahun terakhir di DPP. Ismak menurutnya selalu konsisten dan komitmen menjaga rumah AAI agar tak goyah, dan tidak berafiliasi dengan organisasi lain.

“Dengan masuknya Ranto dan Wenda akan lebih menyempurnakan kekurangan AAI sebelumnya untuk lima tahun ke depan,” ujar Alamsyah.

Dia menuturkan, 10 tahun lalu AAI belum bisa membuat pendidikan dan pelatihan untuk advokat. Kini hal itu bisa diwujudkan dalam tiga tahun terakhir kepemimpinan M. Ismak.

“Dalam tiga tahun terakhir Ismak sudah melakukan pendidikan dan pelatihan advokat seperti apa yang dilakukan oleh Peradi. Dan AAI masih utuh tidak seperti organisasi advokat lain yang retak dan pecah,” kata dia. (ral/int/pojoksatu)