Prabowo Usulkan 7 Calon Direksi PT PAL, Menteri BUMN Pilih Kader PKS, Akhirnya Mundur

Kuntjoro Pinardi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Penunjukan direksi PT Penataran Angkatan Laut atau PT PAL menuai pro kontra. Pengangkatan direksi PT PAL disebut-sebut sarat politis.


Informasi yang beredar, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengusulkan 7 nama calon direksi PT PAL kepada Menteri BUMN, Erick Thohir.

Namun Menteri BUMN Erick Thohir dikabarkan memilih calon lain, salah satunya mantan caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Lima direksi PT PAL yang ditunjuk Menteri BUMN yakni Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang (Direktur Utama), Kuntjoro Pinardi (Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan), Iqbal Fikri (Direktur Produksi), Irianto (Direktur Keuangan) dan Etty Soewardani (Direktur SDM & Umum).


Mantan caleg PKS yang ditunjuk Erick Thohir yakni Kuntjoro Pinardi dengan posisi Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan.

Kuntjoro Pinardi Mundur

Penunjukan Kuntjoro Pinardi menuai pro kontra. Erick Thohir disebut mengangkat kader PKS agar bisa mendapat tiket untuk maju sebagai calon presiden 2024 mendatang.

Tak ingin pengangkatannya berpolemik, Kuntjoro Pinardi pun akhirnya mengundurkan diri setelah lima hari menjabat.

Kuntjoro mengungkap banyak pihak tidak setuju penunjukan dirinya menjadi direksi dengan alasan bahwa dia adalah kader PKS, kelompok yang dianggap mendukung radikalisme HTI dan ISIS.

“Bagi saya pribadi, tudingan bahwa saya pendukung ISIS dan HTI sama sekali tidak bisa saya terima. Saya memang pernah menjadi calon legislatif PKS dalam Pemilu 2014 di daerah pemilihan Jawa Tengah,” kata tegas Kuntjoro dalam keterangan resmi, Senin (26/4).

“Setelah gagal terpilih, saya mundur dari partai tersebut dan kembali ke dunia akademis dan bisnis sesuai bidang keahlian saya,” tegas Kuntjoro.

Dia pun memaparkan tidak ingin membuat keributan berlanjut dan mengganggu keberlangsungan PT PAL.

“Saya tidak ingin keributan ini berlanjut sehingga mengganggu keberlangsungan usaha PT PAL ke depannya,” katanya.

“Oleh karena itu, dengan ini saya nyatakan pengunduran diri saya sebagai Direktur Pemeliharaan Dan Perbaikan PT PAL,” tandas Kuntjoro.