Muhammadiyah: Periksa Kejiwaan Jozeph Paul Zhang, MUI: Orang Keterlaluan Perlu Diberi Pelajaran

Jozeph Paul Zhang

POJOKSATU.id, JAKARTA— Muhammadiyah mengusulkan agar Jozeph Paul Zhang yang melecehkan Islam dan mengaku nabi ke-26 itu agar diperiksa kejiwaannya.


Disamping pemeriksaan pihak kepolisian, PP Muhammadiyah mengusulkan agar kejiwaan Jozeph Paul Zhang ini diperiksa.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan di Jakarta, Senin (19/4/2021).


“Selain pemeriksaan oleh kepolisian, saya kira perlu juga ada pemeriksaan kejiwaan Jozeph Paul Zhang,” kata Abdul Mu’ti.

Karena itu, ia mengimbau umat Islam tidak perlu resah terkait dengan ucapan dilontarkan pria yang berprofesi sebagai Youtubers itu.

Pasalnya, lanjut Abdul Mu’ti, ucapan Jozeph Paul Zhang itu sudah jelas-jelas keliru dan tak sesuai ajaran Islam.

“Kita urus hal-hal yang lebih maslahat bermanfaat untuk kemajuan umat, tapi Jozeph Paul Zhang harus tetap diproses secara hukum,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua MUI KH Cholil Nafis mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polri.

Cholil meminta Polri menindak tegas Joseph Paul Zhang.

“Kami sudah menghubungi kepolisian untuk diproses hukum agar tak menyulut amarah umat,” kata Cholil dalam keterangannya.

Menurut Cholil sikap yang diperlihatkan oleh Jozeph Paul Zhang sudah melewati batas.

Ia mengatakan meski Jozeph Paul Zhang dikabarkan kini berada di luar negeri, ia meminta Polri bisa menangkap Paul Zhang.

“Orang itu memang arogan dan sombong keterlaluan. Perlu diberi pelajaran. Kalau toh dia di luar negeri, juga harus diproses karena dia masih warga Indonesia,” tegasnya.

Sejauh ini, belum ada respons dari Zhang terkait kasus ini.

Namun, jika kelak Jozeph Paul Zhang menyampaikan permohonan maaf, Cholil Nafis mengatakan, Jozeph Paul Zhang tetap harus diproses hukum.

“Kalau toh dia minta maaf, tapi proses hukumnya harus jalan dan harus dihukum agar tidak timbul hukum jalanan,” kata pimpinan MUI menanggapi kasus Jozeph Paul Zhang ini. (muf/pojoksatu)