Kapolres Salatiga Ungkap Jozeph Paul Zhang Kuliah Jurusan Pertanian Tahun 1997 Lalu

Jozeph Paul Zhang. Foto Facebook

POJOKSATU.id, SALATIGA— Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat mengungkap Jozeph Paul Zhang ternyata pernah kuliah jurusan Pertanian di UKSW Salatiga Jateng tahun 1997 lalu.

Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat mengatakan, dari informasi awal yang mereka dapatkan, Jozeph Paul Zhang pernah tinggal di Salatiga karena sedang kuliah di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

“Pelaku kuliah di Jurusan Pertanian sekira tahun 1997. Karena data lama, apakah sampai lulus atau tidak, kami masih koordinasi dengan UKSW,” ungkap Kapolres Salatiga, Senin (19/4/2021).

“Lalu sejak 2012 meninggalkan Salatiga dan melanjutkan kuliah teologi di luar negeri,” jelasnya lagi.


Dari hasil informasi yang dikumpulkan Polres Salatiga,Jawa Tengah, Jozeph Paul Zhang bernama asli Paul Sri Moelyono.

Menurut Kapolres, saat kuliah di UKSW, Joseph Paul Zhang ini mengontrak rumah di Perum Dliko Indah Kelurahan Blotongan, Sidorejo, Kota Salatiga.

“Yang bersangkutan asli warga Tegal. Hasil penelusuran kami tidak ada keluarga tinggal di Salatiga, orangtuanya di Tegal,” katanya.

Kemudian sekira tahun 2017, berdasarkan catatan yang ditelusuri polisi, Jozeph Paul Zhang ini pernah membuat KTP Kota Salatiga, meski tinggal berpindah-pindah.

“Jadi dari data itu ditemukan yang bersangkutan warga Salatiga. Tetapi tahun 2018, sesuai data imigrasi, telah meninggalkan Indonesia,” kata Kapolres.

Kapolres Salatiga mengimbau masyarakat dan tokoh-tokoh agama agar tetap tenang dan tidak terprovokasi informasi dan hal lain terkait Joszeph Paul Zhang.

Dia menegaskan penyidikan sepenuhnya ditangani Bareskrim Mabes Polri.

Sementara itu, Bareskrim Polri membeberkan nama asli Youtuber Jozeph Paul Zhang yang menghina Islam dan Nabi Muhammad SAW.

Nama aslinya menurut Bareskrim Polri adalah Shindy Paul Soerjomoelyono.

“Sesuai data perlintasan, namanya Shindy Paul Soerjomoelyono,” kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi, Senin (19/4/2021).

“Paul Zhang itu nama akun YouTube-nya,” tambahnya.

Shindy Paul Soerjomoelyono alias Jozeph Paul Zhang tercatat meninggalkan Indonesia menuju Hongkong pada 11 Januari 2018.

Sejak itu, Jozeph Paul Zhang ini belum pernah kembali ke Indonesia.

Dulunya, Jozeph Paul Zhang ini menetap di Salatiga, Jawa Tengah pada tahun 2016 lalu.

Rumah Jozeph Paul Zhang masih mengontrak saat itu dan bekerja sebagai tukang jual komputer.(ral/int/pojoksatu)