Koalisi PKS dan PPP, Pengamat Beberkan Bakal Ada Dampak Besar, DPR Bisa jadi ‘Medan Perang’

Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa. Foto IST

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pengamat politik Ahmad Tholibi Kharlie menilai, wacana koalisi partai Islam yang diusung PKS dan PPP bakal memberikan perubahan cukup besar.

Tak menutup kemungkinan pula salah satunya untuk mengarungi Pilpres 2024 mendatang.

Dosen Universitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menilai, gagasan yang dicetuskan PKS dan PPP itu akan berpengaruh besar terhadap dalam politik Islam. Khususnya, di DPR RI.

“Koalisi partai Islam basisnya pada nilai atau value keislaman akan memberi dampak besar pada kebijakan politik hukum Islam di Indonesia,” ujarnya kepada PojokSatu.id, Kamis (15/4/2021).


Ahmad menyakini, jika koalisi partai Islam itu benar-benar direalisasikan, maka akan memudahkan dalam penyusunan kebijakan hukum bernuanasa Islam melalui DPR.

“Teorinya, jika kerjasama politik antar partai Islam terajut memberi dampak signifikan dalam penyusunan legislasi dilandasi spirit Islam atau hukum Islam,” jelasnya.

Seperti saat menanggapi lampiran PP Nomor 10 Tahun 2021 tentan Bidang Usaha Penanaman Modal yang salah satunya memberikan izin terkait dengan investasi Miras.

“Semua faksi-fraksi Islam atau partai Islam di DPR secara kompak menolak, padahal tidak ada ikatan kerjasama politik, begitulah kira- kira nanti,” terang Ahmad.