Anis PKS Nilai Pembentukan Kementrian Investasi Buka Lapangan Pekerjaan Itu Omong Kosong

Politisi Fraksi Partai PKS, Anis Byarwati

POOJOKSATU.id, JAKARTA – Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anis Byarwati menilai, pembentukan Kementerian Investasi untuk memperluas lapangan pekerjaan kurang pas.


“Saya kira pembentukan Kementerian Investasi bukan solusi untuk membuka lapangan kerja dan juga tidak tepat mengatasi persoalan investasi di tanah air,” ujanya kepada PojokSatu.id, Kamis (15/4/2021).

Akan tetapi, menurut Anggota DPR Komia XI ini alasan pemerintah itu kurang pas untuk dijadikan solusi meningkatkan investasi.

“Kalaupun direalisasikan, kementerian ini hanya akan menyelesaikan persoalan di bagian hilir investasi saja,” sambung Anis.


Berdasarkan data World Economic Forum (WEF), lanjut Anis, disebutkan 16 faktor yang menjadi penghalang iklim investasi di Indonesia.

“Dari 16 faktor tersebut, korupsi menjadi kendala utama yang sangat menggangu dan merugikan, WEF menempatkan korupsi dengan skor tertinggi, yaitu sebesar 13,8 sebagai faktor utama penghambat investasi di Indonesia,” tutur Anis.

Hal lain yang menjadi penghambat investasi disampaikan Anis adalah factor regulasi yang seringkali tidak terprediksi, inkonsisten, dan saling bertentangan.

“Dan alasan juga sering kali mengganjal investasi dalam negeri adalah instabilitas pemerintah mendapat skor 6,5,” terangnya.