Anak Buah Menag Yaqut Kasih Saran, Kalau Belajar Agama harus Bijak, Kalau Tidak ya Gitu

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid. Foto: Mufit/PojokSatu.id

POJOKSATU.id, JAKARTA – Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid mengimbau masyarakat bijak dalam mempelajari agama agar tidak terjerumus kepada pemahaman yang salah.


Itu disampaikan Zainut merespon kegiatan Hizbur Tahrir Indonesia (HTI) dan Wahabi yang dihentikan Manajemen PT. Pelni baru-baru ini.

“Hendaknya masyarakat bijak sana dalam mempelajari tentang agama,” ucapnya kepada wartawan usai acara diskusi di Komplek Parleman, Senayan, Jakarta, Jumat (9/4/2021).


Zainut juga mengimbau masyarakat belajar tentang agama pada guru yang jelas.

Pasalnya, jika masyarakat belajar kepada guru yang salah dikhawatirkan menimbulkan pemahaman radikal.

“Pastikan itu belajar dari sumber-sumber yang memiliki otoritas pengetahuan keagmaan dari aspek keilmuanya sanad belajarnya,” jelasnya.

“Metede pembelajarannya dan sebagainya. Sehingga tidak menimbulkan pemahaman yang terjerumus subtansi dari agama itu sendiri,” sambungnya.

Sebelumnya, penyetopan acara HTI dan Wahabi di PT Pelni itu juga ditanggapi Ketua Umum (Ketum) Jokowi Mania (Joman) Emmanuel Ebenezer.

Ia mengingatkan pemerintah mengantisipasi penyebaran paham radikalisme yang akan disebarkan HTI dan Wahabi pada bulan Ramadhan.