Wahai Keluarga Cendana, Silahkan Angkat Kaki dari TMII, tapi Tidak Segampang Itu

Pengunjung TMII membludak setiap liburan. Foto Indopos

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pemerintah secara tidak langsung mempersilahkan keluarga Cendana secepatnya angkat kaki dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Itu setelah pemerintah resmi mengambil alih TMII yang selama 44 tahun ini dikelola Yayasan Harapan Kita yang didirikan istri Soeharto, Ibu Tien Soeharto.

Kepada yayasan yang banyak dihuni kelurga Cendana itu, pemerintah hanya memberikan tenggat waktu sampai dengan tiga bulan mendatang.

Akan tetapi, pengelola lebih dulu harus memberikan pelaporan dan hasil pengelolaan selama ini.


Demikian disampaikan Mensesneg Pratikno dalam konferesi pers secara daring, Rabu (7/4/2021).

“Dalam masa transisi, Yayasan Harapan Kita berkewajiban menyerahkan laporan pelaksanaan dan hasil pengelolaan, serta serah terima penguasaan dan pengelolaan TMII paling lambat tiga bulan setelah diterbitkannya Perpres Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan TMII,” tegas Pratikno.

Pengambilalihan TMII sendiri tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan TMII yang ditantangani Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Intinya, menetapkan penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg sekaligus menandai berakhirnya penguasaan dan pengelolaan TMII oleh Yayasan Harapan Kita,” ungkapnya.