Polisi Ungkap Sosok Penjual Airgun ke Zakiah Aini, Ternyata Mantan..

senjata milik zakiah aini pelaku penyerangan di mabes polri
senjata milik zakiah aini pelaku penyerangan di mabes polri

POJOKSATU.id, JAKARTA- Penjual airgun kepada Zakiah Aini (ZA), pelaku penembakan di Markas Besar Polri.L ternyata merupakan mantan narapidana teroris (napiter).


Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Rusdi Hartono membenarkannya.

“Yang bersangkutan eks napiter,” kata Rusdi kepada wartawan, Selasa (6/4)

Meski begitu, Rusdi tak merinci lebih jauh soal kasus yang membelit pria benama Muchsin Kamal alias Imam Muda itu. Rusdi hanya mengatakan Muchsin ditangkap Detasemen Khusus 88 Aantiteror Polri pada tahun 2010 lalu.

“Dia eks napiter Jalin Jantho, Aceh tahun 2010,” katanya.

Diketahui, senjata airgun ini menggunakan gas Co2 sebagai pendorong peluru. Co2 penggunaannya ditancapkan dan dipasang pada bagian popor senjata.

Airgun sendiri adalah salah satu jenis senjata angin. Mekanisme yang digunakan untuk menembak memanfaatkan tekanan angin. Hal yang sama bisa ditemukan pada senapan angin atau airsoft gun.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan jenis senjata yang dipakai ZA, pelaku teroris yang masuk di Mabes Polri adalah airgun berkaliber 4,5 MM. Menurut dia, senjata itu sudah dilakukan pengecekan di uji labfor.

“Dari hasil pengamatan gambar senjata yang digunakan pelaku jenis pistol airgun BB bullet call 4,5 MM,” kata Argo pada Kamis, 1 April 2021.

Diketahui, ZA masuk ke Gedung Mabes Polri melalui pintu belakang pada Rabu, 31 Maret 2021, sekira pukul 16.30 WIB. Pelaku mengarah ke pos gerbang utama yang ada di Mabes Polri.

Lalu, pelaku ZA menanyakan dimana keberadaan kantor pos kepada petugas. Sehingga, petugas memberikan pelayanan kepada pelaku. ZA sempat melepaskan sejumlah tembakan ke arah petugas sebelum akhirnya tewas dalam baku tembak.

(dhe/pojoksatu)

Loading...