Terkait Kepemilikan Sajam di Mobil, Polisi Periksa Pengacara Habib Rizieq, Hasilnya..

POJOKSATU.id, JAKARTA- Polres Metro Jakarta Timur memeriksa salah satu kuasa hukum eks pimpinan Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab, yaitu Alamsyah Hanafiah terkait dua buah senjata tajam yang ditemukan di mobilnya.

Dalam pemeriksaan, polisi menanyakan perihal untuk apa dia membawa sajam dalam mobilnya.

“Di dalam BAP (Berita Acara Pemeriksaan) yang mempertanyakan untuk apa senjata tajam itu,” kata Kapolres Metro Jakarta Timur, Komisaris Besar Polisi Erwin Kurniawan kepada wartawan, Rabu (31/3)

Sementara itu, untuk sopir Alamsyah, Asep Siswoyo diizinkan kembali ke rumah. Pasalnya, yang bersangkutan hanya berstatus saksi.


Sajam ditemukan di dalam mobil Alamsyah sesaat sebelum sidang Habib Rizieq digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat 26 Maret 2021 lalu. Menurut pengakuan sopirnya, sajam tersebut milik Alamsyah.

“Sudah bebas dalam waktu 1×24 jam,” katanya.

Sementara itu menurut Kasat Resktim Polres Metro Jakarta Timur, Kompol Indra Tarigan mengatakan, dua bilah senjata tajam itu ditemukan di dalam satu unit mobil dengan nomor polisi B 2046 UBG.

Kata dia, penggeledahan dilakukan pada pukul 09.00 WIB.

Saat itu, mobil yang dikemudikan AS berada di Jalan Sumarsono, tak jauh dari Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Kebetulan, pada hari ini pula Habib Rizieq tengah menjalani persidangan di sana.

“Sekitar pukul 09.00 WIB telah melakukan penggeledahan dan penyitaan terhadap dua bilah atau dua pucuk senjata tajam. Di mana senjata tajam ini kami geledah di dalam sebuah mobil degan nomor polisi B 2049 UBG,” kata Indra di Mapolrestro Jakarta Timur.

Atas temuan itu, polisi langsung melakukan introgasi terhadap AS. Kepada polisi, dia mengaku jika dua bilah senjata tajam itu sudah berada di mobil sejak ia pertama kali bekerja.

“Hasil pemeriksaan daripada saksi, bahwa dia bekerja di yang punya mobil sudah dari Agustus dan dinyatakan bahwa barang tersebut sudah ada di dalam kendaraan tersebut,” sambung Indra.

Kepolisian tengah melakukan pendalaman guna menelisik siapa pemilik dua senjata tajam jenis parang dan badik tersebut. Dua senjata tajam itu Ditemukan di dekat pintu depan, tepatnya tempat sang sopir mengemudi.

(dhe/pojoksatu)