Kadung Nyebar dan Dipercaya, Ternyata Video Jaksa Ditangkap Terima Rp1,5 M kasus Habib Rizieq adalah Hoaks

Video hoakx penangkapan jaksa terima suap Rp1,5 miliar terkait kasus Habib Rizieq Shihab

POJOKSATU.id, JAKARTA – Media sosial dihebohkan dengan beredarnya video penangkapan seorang Jaksa lantaran diduga meneriama suap dalam kasus Habib Rizieq Shihab.

Video itu disebarkan dengan keterangan ‘Terbongkar kasus Jaksa yang menangani kasus sidang HRS menerima uang suap Rp1,5 miliar’.

Akan tetapi, video itu dipastikan hoaks alias tidak benar. Hal itu dibantah langsung Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak.

Leonard menyatakan, itu adalah video penangkapan seorang oknum Jaksa oleh Tim Saber Pungli Kejagung pada November 2016 silam.


“Bukan merupakan pengakuan Jaksa yang menerima suap kasus sidang Habib Rizieq Sihab,” tegas Leonard, Minggu (21/3/2021).

Video dimaksud, merupakan video penangkapan oknum Jaksa berinisialAF di Jawa Timur.

AF ditangkap terkait dengan pemberian suap dalam penanganan perkara Tindak Pidana Korupsi Penjualan Tanah Kas Desa di Desa Kali Mok Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep Jawa Timur.

Karena itu, Kejagung memastikan bahwa video dimaksud sama sekali tidak berkaitan dengan perkara yang menjerat Rizieq Shihab.

“Bahwa pejabat yang menjelaskan penangkapan oknum Jaksa AF pada video tersebut, adalah Bapak Yulianto, SH. MH, yang saat ini sudah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (NTT),” terangnya.