7 April, Bakal Ada Pemecahan Rekor MURI Permainan Tradisional secara Virtual di Cianjur

Panitia persiapan pemecahan rekor MURI permainan tradisional yang akan diselenggarakan di Kabupaten Cianjur

POJOKSATU.id, CIANJUR – Jabar Bergerak Kabupaten Cianjur tengah mempersiapkan pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) permainan tradisional.


Rencananya, pemecahan rekor MURI itu akan dilakukan pada 7 April 2021 mendatang dengan menampilkan permainan Kaulinan Tradisional khas Jawa Barat secara virtual.

Ketua Jabar Bergerak Kabupataten Cianjur dr. Yusuf Nugraha menyatakan, hal ini berangkat dari keprihatinan makin sulitnya ditemui anak-anak yang berkumpul dan memainakn permainan atau kaulinan tradisional.

Di era digital ini, anak-anak lebih memilih permainan yang bisa diakses melalui smartphone ketimbang bermain di halaman dan alam bebas.


“Padahal Indonesia memiliki warisan budaya yang sangat beragam dan bernilai tinggi, salah satunya permainan atau kaulinan tradisional,” tuturnya, Rabu (17/3/2021).

Padahal, pada permainan-permainan modern seperti itu, suasana dan sikap individualistis justru lebih tertanam.

Sehingga mendorong munculnya karakter yang tidak sehat.

“Sementara, permainan atau kaulinan tradisional seperti sondah, enggrang, congklak, damdaman, oray-orayan dan lain-lain lebih bersifat komunal sehingga bisa menjadi ajang bersosialisasi,” terangnya.

Dalam permainan tradisional itu pula, terdapat nilai-nilai dan filosofi yang berguna bagi perkembangan karakter bangsa di kemudian hari.

“Seperti jiwa kegotong-royongan, sportivitas, kejujuran, kebersamaan serta saling menghargai dengan penuh kegembiraan,” sambungnya.