Kata Yusril, Mustahil Jokowi 3 Periode, Kecuali…

Ketua Tim Hukum Jokowi-Ma'ruf, Yusril Ihza Mahendra dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi, Rabu (19/6/2019)
Yusril Ihza Mahendra

Dikatakan Yusril, di zaman sekarang tampaknya akan sulit untuk menciptakan konvensi semacam itu, mengingat banyak faktor; trauma langgengnya kekuasaan di tangan 1 orang dan derasnya suara oposisi, baik di dalam badan-badan perwakilan maupun di luarnya.


“Apalagi di zaman kebebasan berekspresi dan kebebasan media sekarang ini, penolakan masa jabatan Presiden menjadi tiga periode berdasarkan konvensi akan menghadapi tantangan yang cukup berat,” kata Yusril.

Jangan dilupakan juga, kata Yusril, sekarang ada Mahkamah Konstitusi yang melalui proses uji materil, bisa menilai apakah tindakan penyelenggara negara konstitusional atau tidak.

“Orang bisa mempersoalkan masa jabatan periode ketiga dengan cara konvensi tersebut di Mahkamah Konstitusi. Lain halnya jika terjadi amandemen oleh MPR atas norma Pasal 7 UUD 45, maka Mahkamah Konstitusi tidak bisa berbuat apa-apa,” tandas Yusril.


(one/pojoksatu)