Setahun Pandemi, Rismanuda Gencar Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Rumah Ibadah

Penyemprotan disinfektan di Masjid Nuurul Hidayah

POJOKSATU.id, JAKARTA – Bulan Maret 2021, tepat setahun virus covid-19 masuk (terdeteksi pertama) di Indonesia, setahun pula masyarakat hidup dalam masa pandemi dengan kehidupan normal baru.


Serangkaian protokol kesehatan menjadi hal yang wajib dilaksanakan oleh setiap masyarakat dimanapun, tak terkecuali tempat-tempat ibadah.

Penyediaan masker, tempat cuci tangan bahkan hingga box disinfektan banyak ditemui di berbagai tempat ibadah, termasuk masjid dan mushola.

Sebagai organisasi pemuda keagamaan, Remaja Islam Masjid Nuurul Hidayah (Rismanuda) sudah beberapa kali melakukan kegiatan kampanye pencegahan virus covid-19, mulai dari tebar masker, pembagian hand sanitizer Dan sosialisasi mengenai protokol kesehatan lainnya.


Kali ini Rismanuda bekerjasama dengan pihak DKM Masjid Nuurul Hidayah, pengurus RW 04 Ciracas dan pihak Pemadam Kebakaran sektor Ciracas mengadakan acara penyemprotan disinfektan di rumah-rumah ibadah di lingkungan RW 04 Kelurahan Ciracas.

Loesi Noerma Gesti, sebagai kordinator acara mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat dalam beribadah, karena selain meningkatkan imun, meningkatkan iman di masa pandemi sangat penting.

Acara penyemprotan ini dimulai dari Masjid Nuurul Hidayah yang merupakan cikal bakal rumah ibadah pertama di lingkungan RW 04 Ciracas.

“Kita mulai dari Masjid Nuurul Hidayah, lalu lanjut ke mushola Al-Maghfirah Dan mushola Al-Ikhlas serta lingkungan rumah warga sekitar, karena cukup banyak juga warga disini yang pernah terpapar Covid-19, jadi memang kita yang mengarahkan Tim Damkar Ciracas untuk lokasi-lokasinya,” ucap Loesi Noerma Gesti.

Acara penyemprotan ini merupakan awalan, rencananya akan dirutinkan setiap dua minggu sekali.

“Kita disupport disinfektan oleh Damkar, jadi ini kita bisa rutinkan untuk masjid dan mushola yang lainnya, karena jumlah masjid dan mushola di RW 04 berjumlah 12 tempat dari 16 RT yang ada,” ucap Supriyadi selaku Ketua RW 04 yang juga merupakan perwira polisi.

Sebagai Ketua RW, Supriyadi sangat support kegiatan remaja seperti ini yang memang sangat diharapkan oleh masyarakat. Terlebih memang tidak lama lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan.

Terpisah, Nardi Mustaqim yang merupakan bagian dari Rismanuda yang juga anggota Pemadam Kebakaran mengatakan Pemadam Kebakaran menjadi salah satu pilar dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

(pojoksatu)