1.200 Peserta Hadir, Max Sopacua Bantah KLB Ilegal: Emang, Nenek Moyangnya yang Punya Negara

Suasana persiapan KLB Partai Demokrat. Foto IST

POJOKSATU.id, MEDAN – Senior dan pendiri Partai Demokrat Max Sopacua memastikan, sudah sebagian kader hadir di Hotel The Hills, Sibolangit, Deliserdang, Sumut, untuk mengikuti Kongres Luar Biasa (KLB).

Mereka yang hadir adalah pemilik hak suara, pemilik hak bicara dan peninjau kongres.

“Persiapannya (KLB) sudah 99 persen. jumlahnya mencapai 1.200 orang, sebagian masih di perjalanan,” kata Max kepada wartawan, Jumat (5/3/2021).

Dengan demikian, anggota Majelis Tinggi Demokrat yang dipecat DPP Demokrat di bawah komando AHY itu menyebut jumlah itu sudah memenuhi kuorum.

BACA: Arena KLB Memanas Dua Massa Berhadapan, Andi Arief: Lihat Perilaku Kakak Pembina, Apa Prof Mahfud Sengaja Membiarkan?

Kendati demikian, mantan penyiar TVRI ini tak merinci siapa saja pemilik suara dan pimpinan yang hadir.

“Sudah 2/3 atau setidak-tidaknya 50 persen plus 1,” ungkapnya.

Max juga membantah bahwa KLB ini ilegal sebagaiaman tudingan kubu AHY hanya karena diselenggarakan oleh para kader yang sudah dipecat.

“Semua berlangsung dengan aspek legalitas. Anda tahu, anda punya anak, mau buat acara sunatan aja ada izinnya,” ujarnya.

BACA: Mantan Kader yang Bikin KLB, Jokowi yang Disalahkan Wasekjen Demokrat

Ia menjelaskan, dalam proses pemecatan seorang kader, tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan dalam waktu yang sangat singkat.

“Memecat seseorang itu prosesnya lama. Gak bisa ujug-ujug dipecat begitu saja. Emangnya nenek moyangnya yang punya negara,” tegasnya.

Hal senada sebelumnya juga diungkap politikus senior Demokrat, Tri Yulianto.