Hindari Praktek Korupsi, Rupbasan Kelas II Pangkal Pinang Gelar Pencanangan Zona Integritas WBK dan WBBM

Rupbasan Kelas II Pangkal Pinang

POJOKSATU.id, PANGKAL PINANG- Guna menekankan pentingnya kepercayaan publik dan menghindari praktek korupsi, Rupbasan Kelas II Pangkal Pinang memfasilitasi acara Pencanangan Zona Integritas menuju Wliayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Bangka Belitung.


Deklarasi yang dipimpin oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pangkal Pinang Badarudin, melibatkan seluruh unit pelaksana teknis Pemasyarakatan Pangkal Pinang yakni, Lapas Kelas IIA Pangkal Pinang, Lapas Khusus Narkotik Kelas IIA Pangkal Pinang, LPKA kelas II Pangkal Pinang, Lapas Perempuan kelas III Pangkal Pinang, Lapas Kelas II Pangkal Pinang dan serta Rupbasan Kelas II Pangkal Pinang.

“Kami berkomitmen bahwa seluruh instansi yang mengikuti penandatangan hari ini agar terbebas dari praktek korupsi dan terus meningkatkan kepercayaan publik,” ujar pria lulusan Akademi ilmu Pemasyarakatan tahun 1999 itu, Selasa (23/2/2021).

Kemenkumham mencatat di Pangkal Pinang sudah ada beberapa satuan kerja yang memperoleh predikat WBK dan WBBM pada 2020.


Di antaranya adalah Lapas Perempuan Kelas III Pangkalpinang dan Imigrasi kelas II Pangkalpinang.

Pada acara tersebut tersebut juga dihadiri oleh Polres Pangkalpinang, Kejaksaan Negeri Pangkal Pinang, Kodim 0413 Pangkal Pinang, Badan Narkotika Nasional Kota Pangkal Pinang, Dinas Pertanian dan Industri Kota Pangkal Pinang serta Ombudsman.

Selain penandatangan zona integritas, para instansi tersebut juga mengadakan kerja sama dalam hal pelatihan keterampilan bagi para narapidana dan pertukaran informasi intelejen, terutama dalam hal keamanan negara dan stabilitas nasional.

“Kami mengapresiasi pihak Rupbasan Kelas II Pangkal Pinang dalam melaksanakan pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM sehingga pertukaran informasi dan Pengelolaan barang bukti dapat terlaksana dengan transparan dan baik, yang akhirnya tercipta pelayanan prima kepada masyarakat,” jelas Kasi Pidum Abdul Aziz yang mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Pangkalpinang Ari Prio Agung.

Sementara, Kepala Rupbasan Pangkal Pinang Andi Ferly mengapresiasi pentingnya kerjasama antara lembaga, dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan mampu mempererat persatuan dan kesatuan.

“Kami selaku tuan rumah sangat mengapresiasi kepada seluruh lembaga, dan diharapkan dengan adanya kerjasama ini mampu mempererat persatuan dan kesatuan menuju wilayah bebas korupsi,” kata Ferly.

(hen/pojoksatu)