Sidang Praperdilan Kedua Habib Rizieq Digelar, Pengacara: Semoga Penegak Hukum Sadar dengan Kezalimannya

Aziz Yanuar. Foto: Adi PojokBogor.com

 


POJOKSATU.id, JAKARTA- Sidang perdana untuk gugatan praperadilan kedua yang diajukan Rizieq Shihab telah digelar hari ini, Senin (22/1/2021).

Sidang yang diklaim tidak sahnya penangkapan Habib Rizieq Shihab Shihab itu digelar sekira jam 09.00 WIB di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Salah satu pengacara Habib Rizieq, Aziz Yanuar mengatakan, pihaknya tak banyak berharap sidang dengan agenda pembacaan gugatan praperadilan bisa dikabulkan.


Hanya saja, dengan digelarnya sidang praperadilan kedua ini, para penegak hukum sadar dengan kezalimannya.

“Harapannya Allah sadarkan orang-orang dzalim ini supaya menghentikan kedzaliman dalam bentuk diskriminasi hukum yang sangat parah,” kata Aziz saat dihubungi Pojoksatu.id, Senin (22/2/221).

Aziz Yanuar juga berharap, sidang praperadilan yang digelar hari ini bisa mengetuk mata hati hakim terhadap banyaknya kriminalisasi ulama akibat gara-gara tak sepaham dengan pemerintah.

“Penegakan hukum yang hancur lebur serta kriminalisasi para ulama yang sangat dahsyat di mana kesemuanya hanya diduga didasarkan hanya oleh perbedaan pendapat dengan penguasa,” ujarnya.

Seperti diketahui, tim Advokasi Habib Rizieq Shihab kembali melayangkan permohonan praperadilan kedua pada Rabu (3/2/2021) atas tidak sahnya penangkapan dan penahanan HRS terkait kasus kerumunan di Petamburan.

Alasan pihaknya kembali mengajukan praperadilan itu karena penangkapan kliennya itu dinilai sangat dipaksakan.

Apalagi Pasal 160 tersebut sangatlah tidak nyambung dan tidak memiliki relevansi dengan peristiwa yang dipermasalahkan terhadap HRS.

“Kami selaku kuasa hukum Imam Besar Habib Mohammad Rizieq
Shihab telah mendaftarkan Permohonan Praperadilan atas tidak sahnya penangkapan dan penahanan klien kami,” kata Tim Advokasi Habib Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/2/2021).

(fir/pojoksatu)