Jendral Agus Andrianto Ditunjuk Jadi Kabareskrim Polri, Mantan Kapolda Metro Turun Level

Komjen Agus Andrianto (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA-Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo akhirnya menunjuk seorang jendral untuk mengisi posisi Kabareskrim yang beberapa pekan kosong.


Pilihan Kapolri pun jatuh kepada Komisaris Jenderal Agus Andrianto sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri baru.

Keputusan itu tertuang dalam surat telegram nomor ST/318/II/KEP./2021 tertanggal 18 Februari.

Posisi Agus Andrianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri digantikan oleh Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto yang sebelumnya menjabat Kalemdiklat Polri.


“Benar, hal tersebut dalam rangka bertujuan penyegaran dalam organisasi,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Kamis (18/2/2021).

Menurut jenderal bintang dua ini, penunjukkan Kabareskrim baru sudah melewati beberapa tahap. Dan akhirnya diputuskan setelah rapat pimpinan (Rapim) TNI-Polri yang digelar pada Rabu (17/2/2021) kemarin.

“Penetapan Kabareskrim baru  dilakukan sehingga ada Kabareskrim baru,” ujarnya.

Sementara itu, Irjen Pol Nana Sujana yang sebelumnya menjadi Kapolda Metro Jaya dan dimutasi menjadi Koorsahli Kapolri diangkat dalam jabatan barunya menjadi Kapolda Sulut.

Kala itu, Nana dimutasi dari Kapolda Metro Jaya karena dinilai tak tegas menindak kerumunan kadangan Habib Rizieq Shihab yang kala itu baru datang dari Arab Saudi, dan kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. (fir/pojoksatu)