Gelar Perkara 92 Rekening FPI Gandeng Densus 88 Sudah Digelar, Mohon Jangan Kaget dengan Hasilnya

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan

POJOKSATU.id, JAKARTA – Penyidik Bareskrim Polri terus mendalami ada tidaknya unsur pidana terkait transaksi keuangan di 92 rekening milik Front Pembela Islam (FPI).

Pendalaman ini dilakukan setelah Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyerahkan hasil analisis kepada Polri.

Terkini, penyidik Bareskrim bersama PPATK dan Densus 88 Antiteror sudah melakukan gelar perkara pemblokiran rekening FPI pada Selasa (2/2) kemarin.

Saat ini, penyidik masih mengevaluasi hasil gelar perkara tersebut.


Demikian disampaikan Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, di Mabes Polri, Rabu (3/3/2021).

“Saat ini penyidik masih mendalami hasil analisis dari PPATK terkait rekening tersebut apakah memenuhi unsur-unsur pidana apakah tidak memenuhi,” ungkapnya.

Kendati demikian, Ramadhan mengaku masih belum bisa membeberkan hasil analisis dimaksud.

Pasalnya, ada 92 rekening yang harus diperiksa satu per satu berdasarkan hasil analisis PPATK.

“Pastinya penyidik akan mendalami, mendalami itu kan satu per satu. Didalami apa keterlibatan pengiriman (uang) di rekening itu,” jelasnya.

Sebelumnya, Karo Penmas Divisis Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono menyampaikan rekening FPI tersebut diketahui atas nama pengurus pusat, daerah, hingga perseorangan yang terafiliasi dengan FPI.

“Telah dianalisis oleh PPATK sebanyak 92 rekening ini terdiri dari pengurus pusat FPI, pengurus daerah, dan beberapa individu yang terkait dengan kegiatan FPI,” ujarnya, Selasa (2/2).

Rusdi juga menyebut penyidik Bareskrim juga tengah melakukan gelar perkara dengan PPATK dan sejumlah stakeholder lain pada hari ini terkait rekening FPI tersebut.

“Hari ini (kemarin) Polri dengan PPATK telah melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka menyamakan persepsi tentang laporan hasil analisis PPATK terhadap beberapa rekening yang terkait dengan FPI,” tandas Rusdi.

(jpnn/ruh/pojoksatu)