Mengejutkan, PPTAK Temukan Beberapa Rekening FPI Terindikasi Melawan Hukum

Habib Rizieq Shihab langsung ditahan usai 14 jam menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Sabtu (12/12/2020). Foto Repro

POJOKSATU.id, JAKARTA – PPATK sudah merampungkan pemeriksaan 92 rekening Front Pembela Islam (FPI). PPTAK mengklaim mereka menemukan beberapa rekening terindikasi perbuatan melawan hukum.


Hasil analisis dan pemeriksaan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) atas rekening-rekening FPI dan afiliasinya tersebut, telah disampaikan PPATK ke Penyidik Bareskrim Polri untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangannya.

“Berdasar hasil koordinasi dengan penyidik Polri, diketahui adanya beberapa rekening yang akan ditindaklanjuti penyidik Polri dengan proses pemblokiran karena adanya dugaan perbuatan melawan hukum,” kata Ketua PPATK Dian Ediana Rae dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (31/).

Dian mengatakan PPATK akan tetap memberikan dukungan dan berkoordinasi dengan penyidik Polri mengenai adanya dugaan perbuatan melawan hukum tersebut.


Menurut Dian, PPATK juga masih tetap dapat melakukan fungsi intelijen keuangan berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Dan UU Nomor 9 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme.

Terhadap rekening terkait apabila di kemudian hari menerima transaksi keuangan yang mencurigakan dan atau sumber informasi lainnya.

Tindakan penghentian transaksi oleh PPATK dilakukan dalam rangka memberikan waktu yang cukup bagi lembaga PPATK untuk melakukan analisis dan pemeriksaan.

Apalagi setelah ditetapkannya FPI sebagai organisasi terlarang oleh Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin beberapa waktu lalu.

 

(jpnn/pojoksatu)