Permadi Arya Klarifikasi Cuitannya Soal Islam Arogan, Minta Maaf ke Kiai NU

Permadi Arya alias Abu Janda

Dalam cuitannya, Permadi mengkritik Islam pendatang dari Arab yang dianggapnya arogan kepada kearifan budaya lokal.


“Komentar tersebut tentunya saya bicara sebagai seorang muslim dalam konteks autokritik perihal masalah internal Islam saat ini,” ujarnya.

“Makanya di situ saya tulis Islam sebagai agama pendatang dari Arab ini, yang saya maksud adalah Islam transnasional salafi, wahabi, yang memang pertama dari Arab, yang kedua memang mereka arogan ke budaya lokal,” tambahnya.

BACA: Merasa Tak Salah, Abu Janda Tuding Rocky Gerung Pelintir Cuitannya


Permadi Arya menegaskan bahwa yang dia kritik adalah Islam pendatang dari Arab, seperti salafi dan wahabi, bukan Islam nusantara.

“Jadi bukan Islam nusantara seperti NU dan Muhammadiyah. Yang saya maksud adalah Islam pendatang dari Arab, yakni Islam trans nasional atau salafi wahabi, bukan generalisasi semua Islam,” jelas Permadi.

Ia menyampaikan permohonan maaf kepada para kiai NU dan seluruh warga NU atas kesalahpahaman yang muncul akibat cuitannya di media sosial.

“Mohon maaf jika ada kesalahpahaman, maklum jempol menulis saat debat panas, jadi keluarnya suka tidak sinkron,” ucapnya.

“Sekali lagi saya ingin mengucapkan matursuwun kyai, gus, ustad, mohon arahannya terus, saya pamit,” tandas Permadi Arya.

(one/pojoksatu)