Teridentifikasi, Keluarga Sempat Ragu Jenazah Pilot Sriwijaya Air SJ182 Kapten Afwan, Ini Penyebabnya

Kapten Afwan bersama teman-temannya (ist)

POJOKSATU.id, BOGOR— Jenazah Kapten Afwan, Pilot Sriwijaya Air SJ-182, berhasil diidentifikasi. Sempat ada keraguan di keluarga saat tim DVI Polri mengabarkan kepada keluarga pilot ini, Jumat (28/1/2021).


“Kami dengar kabar kalau sudah terindentifikasi itu tadi siang jam 1-an. Tapi baru dipastikan lagi sekitar jam setengah enam sore tadi,” kata Azis Indra, adik sepupu Kapten Afwan, Jumat.

Dengan dipastikannya itu benar jenazah Kapten Afwan, keluarga pun bersyukur masih bisa memberi penghormatan terakhir, sekaligus memakamkannya tidak jauh dari kediaman.

“Sebelumnya kami sudah ikhlas atas kejadin itu (pesawat jatuh). Sekarang Alhamdulillah sudah ditemukan dan terindentifikasi. Insha Allah Sabtu siang dimakamkan,” kata Azis, Jumat (29/1/2021).


Namun, belum diketahui apakah jenazah Kapten Afwan ditemukan utuh atau tidak.

Rangkaian Pemakaman Kapten Afwan

Rencananya, pemakaman Kapten Afwan dilakukan di Taman Makam Pahlawan Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong.

Tapi juga menyiapkan susunan jadwal (rundown) serah terima jenazah hingga pemakaman.

Dalam rundown yang diterima redaksi, Jumat (29/1) petang, prosesi pemakaman dijadwalkan berlangsung pukul 12.15 WIB di Jalan Taman Makam Pahlawan Pondok Rajeg, Cibinong.

Namun, sebelum itu, ada proses serah terima jenazah dari tim Sriwijaya Air dan perwakilan keluarga tiba di Post Mortem Area, Gedung Forensik RS Polri Kramat Jati sekitar pukul 08,30 WIB.

Kemudian, pukul 09.00 WIB, di tempat yang sama, dilakukan penandatanganan sertifikat kematian dan serah jenazah.

Lalu, pada pukul 10.00 WIB, jenazah diberangkatkan ke rumah duka di Perumahan Bumi Cibinong Endah Blok A3 Nomor 10, Kecamatan Cibinong, menggunakan satu mobil keluarga, ambulans dan voorijder dan diperkirakan tiba pukul 11.10 WIB.

Tidak lupa, sambutan dari beberapa pihak tetap dilakukan. Seperti sambutan Bupati Bogor Ade Yasin dan perwakilan Sriwijaya Air sekitar 20 menit setelah jenazah tiba.

Kemudian, jenazah dibawa ke Masjid Ad-Daulah untuk disolatkan pukul 11.40 WIB. Kemudian, pukul 12.00 WIB, mobil jenazah dan keluarga bertolak menuju lokasi pemakaman.

Kemudian pada pukul 12.15 WIB prosesi pemakaman dilakukan, dilanjutkan dengan proses doa dan tabur bunga.

 

(cek/pojoksatu)