Hadapi Bencana, DPR Minta Seluruh Elemen Bersinergi

Gempa Majene Robohkan Kantor Gubernur Sulbar. (IST)

POJOKSATU.id, JAKARTA – BMKG mengeluarkan peringatan akan adanya gempa susulan yang lebih besar dari gempa 6,2 SR.

Karena itu, anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sigit Sosiantomo meminta Pemda Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Basarnas, BMKG, PUPR dan elemen masyarakat bersinergi dan bersiap menghadapi kemungkinan gempa susulan yang lebih besar.

“BMKG sudah mengeluarkan peringatan akan adanya gempa susulan yang lebih besar dari gempa 6,2 SR hari ini. Saya berharap, semua instansi mulai dari pemda, BMKG, Basarnas dan elemen masyarakat untuk bersinergi dan bersiap menghadapi kemungkinan terburuk guna menghindari korban jiwa yang lebih besar,” katanya, dilansir dari JawaPos.com.

Sigit melanjutkan, dirinya berharap Basarnas bisa segera menemukan korban yang terperangkap reruntuhan.


“Saya minta Basarnas prioritaskan pencarian dan penyelamatan korban yang masih terperangkap. Semoga masih banyak yang bisa tertolong. Dan kepada BMKG saya minta terus memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat guna menghindari korban yang lebih besar,” paparnya.

Sementara kepada Kementerian PUPR, Sigit meminta agar mengerahkan pereralatan berat untuk membantu pencarian dan evakuasi korban.

Selain itu, PUPR juga diminta segera turun untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak khususnya jalan agar memudahkan distribusi penyaluran bantuan.

“Jangan sampai ada jalan yang terputus apalagi daerah yang terisolir akibat gempa sehingga mempersulit pendistribusian bantuan. Saat ini ada belasan ribu warga yang mengungsi dan butuh bamtuan,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sigit juga menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam kepada keluarga para korban gempa yang meninggal.

(jpc/pojoksatu)