Saran Peter F Gontha : Yang Divaksin Diberi ID Card, Yang Tolak Vaksin Wajib Bawa Surat Rapid Test Saat Bepergian

Peter F Gontha
Peter F Gontha

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pengusaha Peter F Gontha menyarankan pemerintah memberikan ID card kepada masyarakat yang telah disuntik vaksin Covid-19.


ID card itu menjadi pengganti surat keterangan hasil rapid test antigen dan tes swab polymerase chain reaction (PCR) sebagai syarat perjalanan saat bepergian.

“Ini ada saran bagus. Masukan buat pemerintah supaya adil: bagi yang mau disuntik vaksin diberi ID Card yang untuk bepergian kemana saja dan kemana saja tanpa rapid test dan antigen,” kata Peter F Gontha di akun media sosial Facebooknya, Rabu (13/1/2021).

Peter mengatakan, apabila masyarakat yang telah disuntik vaksin itu terkena Covid-19, maka pemerintah yang menanggung biaya pengobatannya.

Menurut Peter, bagi masyarakat yang tidak mau disuntik vaksin Covid-19, maka wajib membawa surat keterangan hasil rapid test antigen saat bepergian.

Selain itu, warga yang menolak disuntik vaksin juga harus menanggung sendiri pengobatan dan perawatannya jika terkena Covid-19.

“Bagi yang tidak mau disuntik vaksin maka mereka kemanapun pergi harus ada surat rapid tes dan antigen dan apabila mereka terkena covid 19 maka biaya pengobatan ditanggung sendiri,” imbuhnya.

Bagi masyarakat yang belum dapat jatah vaksinasi, Peter menyarankan agar jangan bepergian dan berdoa supaya cepat kebagian vaksin.

Staf Ahli Menkominfo Bidang Hukum, Prof Henry Subiakto memuji ide Peter.

“Saya setuju ide sahabat seniorku pak Peter F Gontha. Ini masukan yang baik untuk pemerintah,” kata Henry dikutip dari akun Twitter pribadinya, @henrysubiakto, Kamis (14/1).

(one/pojoksatu)

Loading...