Panjang dan Moncer, Ini Deretan Kasus Besar yang Diungkap Calon Kapolri Pilihan Jokowi

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo

POJOKSATU.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Azis.

Keputusan itu tertuang dalam Surat Presiden (Surpres) nomor: R-02/Pres/01/2021 yang dikirimkan Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Pratikno kepada Ketua DPR RI Puan Maharani, Rabu (13/1/2021).

Komjen Listyo sendiri dikenal publik dengan rekam jejaknya yang cukup moncer.

Yang cukup diingat adalah penangkapan Djoko Tjandra yang mencoreng institusi Polri dan Kejaksaan Agung dan sangat menyita perhatian publik.


Saat mulai menjadi orang nomor satu di badan berlambang busur panah itu, ia langsung melakukan pembenahan internal.

Di awal menjabat sebagai Kabareskrim, Listyo langsung tancap gas dengan mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan.

Pada 27 Desember 2019 atau 12 hari setelah dilantik sebagai Kabareskrim, Sigit mengumumkan secara langsung penangkapan dua terduga pelaku kasus tersebut.

Mereka adalah, RM dan RB, keduanya merupakan oknum anggota kepolisian.

“Tadi malam tim teknis telah mengamankan pelaku yang diduga melakukan penyiraman terhadap saudara NB, pelaku ada dua orang inissial RM dan RB,” ujar Listyo beberapa waktu lalu.

Tak lama setelah itu, Bareskrim Polri melimpahkan tahap II kasus tersangka dan barang bukti kasus dugaan korupsi Kondensat PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), ke Kejaksaan Agung (Kejagung) setelah dinyatakan lengkap atau P21.