Tahun 2021, DPR Minta Jokowi Bekerja Keras Tangani Covid-19, Jika Tidak…

POJOKSATU.id, JAKARTA- Anggota Komisi I DPR Jazuli Juwaini meminta pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin pada tahun 2021 ini bekerja lebih keras untuk menangani pandemi kesehatan masyarakat.


Sebab, bulan terakhir ini grafik penyintas covid-19 menunjukkan kenaikan signifikan, harus diatasi dengan keseriusan pemerintah.

Akibatnya, kata Jazuli, pandemi yang telah berjalan terapit seluruh indikator kesejahteraan rakyat juga terdampak memburuk.

Hal tersebut disampaikan Ketua Frkasi PKS itu sebagai evaluasi pemerintah di tahun 2020 dan menyambut tahun 2021.


“Hal ini menuntut kerja lebih keras dari jajaran pemerintah di 2021 ini,” ujar Jazuli dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (1/01/2020).

Ia juga menegaskan pemerintah harus mengambil opsi kebijakan lebih tegas, tidak ambigu dan abu-abu antara kepentingan kesehatan, kemanusiaan, dan ekonomi seperti saat ini.

“Akibat kebijakan ambigu ditangkap publik secara luas sebagai inkonsistensi. Tampaknya tidak jelas kebijakan berlaku antara dibolehkan dan dilarang sehingga sulit menerapkannya di lapangan,” jelasnya.

Lebih lanjut, anak buah Ahmad Syaikhu itu juga menyebutkan banyak masyarakat yang abai menerapkan protokol kesehatan, sehingga tingkat kematian Indonesia akibat Covid-19 berada paling atas di Asia Tenggara.

Selain itu, Fraksi PKS juga menilai pemerintah tidak memiliki strategi yang menyediakan penyediaan vaksin dan strategi vaksinasi.

“Terbukti dengan pembelian sejumlah obat Covid-19 yang terburu-buru di awal pendemi, kontroversi pembelian vaksin Sinovac yang belum lulus uji klinis, hingga kepercayaan rakyat yang rendah terhadap vaksin yang disediakan pemerintah,” tandas Jazuli.

(Muf/Pojoksatu)