Cegah Penularan Covid-19, Polres Jaktim Rapid Test Pedagang Pasar Kramat Jati

Sebanyak 100 pedagang Pasar Kramat Jati jalani rapid test.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Polres Jakarta Timur (Jaktim) dan TNI beserta Satpol-PP menggelar rapid test kepada 100 pedagang di Pasar Kramat Jati, Jaktim pada Selasa (29/12).

Rapid test tersebut, merupakan bagian dari operasi kemanusian untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19 di area Pasar Kramat Jati.

Kapolres Metro Jaktim Kombes Pol Arie Ardian Rishadi mengatakan, dalam kegiatan ini petugas gabungan melakukan pengawasan terhadap pedagang dan pengunjung pasar.

Mereka yang tidak menggunakan masker langsung dibawa ke posko untuk didata identitasnya dan diharuskan mengikuti rapid test oleh tim medis.


“Kalau hasilnya reaktif, langsung dikoordinasikan dengan puskesmas setempat untuk dilakukan tes PCR atau swab,” ucap Kombes Arie.

Menurut Kombes Pol Arie, Pasar Induk Kramat Jati menjadi sasaran operasi karena mobilitas warga cukup tinggi.

Setiap hari, banyak warga dari luar DKI mengirimkan sayur mayur dan buah-buahan. Sehingga potensi penyebaran Covid-19 sangat besar.

“Rencananya kegiatan dilakukan selama sepekan ke depan. Hari pertama ini kita targetkan 100 orang yang menjalani rapid test,” jelasnya.

Kasatpol PP Kecamatan Kramat Jati, Ali Amril menambahkan, pihaknya menerjunkan tujuh personel untuk mendukung kegiatan ini.

“Kita turut membantu kegiatan ini untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Mufid