1 Hingga 14 Januari Akses Indonesia Ditutup Untuk WNA, Begini Kata Menlu

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam press briefing pada Minggu sore (10/5/2020). Foto Kemlu
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto Kemlu

POJOKSATU.id, JAKARTA– Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara akses masuk ke Indonesia bagi warga negara asing (WNA). Kebijakan ini akan berlaku mulai 1 hingga 14 Januari 2020.

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi menyebut kebijakan penutupan sementara pintu masuk ke Indonesia untuk mencegah peyebaran varian baru virus Corona. Aturan ini diberlakukan bagi semua negara.

“Saat ini telah muncul pemberitaan strain baru Virus Corona, yang menurut data ilmiah memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat,” jelas Menlu Retno dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/12/2020).

“Menyikapi hal tersebut, hasil rapat kabinet terbatas memutuskan, untuk menutup sementara dari tanggal 1 hingga 14 Januari 2021, masuknya warga negara asing dari semua negara ke Indonesia,” sambungnya.


Sementara bagi WNA yang tiba di Indonesia mulai hari ini 28-31 Desember 2020, Retno mengatakan pemerintah akan memberlakukan sejumlah aturan sesuai ketentuan.

“Untuk WNA yang tiba di Indonesia pada hari ini sampai 31 Desember 2020, maka diberlakukan aturan sesuai ketentuan dalam adendum Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020,” katanya. (dhe/pojoksatu)