Polisi Perketat Pengamanan di Sejumlah Gereja di Indramayu Termasuk Obyek Vital

pemeriksaan dan pengamanan gereja

POJOKSATU.id, INDRAMAYU- Sehari menjelang perayaan natal, polisi memperketat pengamanan.


Ratusan personel Polres Indramayu menyebar ke sejumlah obyek vital, terutama gereja, tempat umat kristiani menjalankan misa natal.

Obyek vital lain yang menjadi atensi pengamanan adalah kantor-kantor bank, kilang minyak, terminal dan stasiun kereta api.


Kepolres Indramayu AKBP Hafidh S Herlambang melalui Kasubbag Humas AKP Budiyanto mengatakan, seluruh gereja sudah dilakukan sterilisasi oleh satuan khusus Sabhara dan penjinak bom.

Semua bangunan gereja diperiksa secara cermat. Tak hanya bagian dalam gereja untuk kebaktian, beberapa bagian bangunan diluar serta taman tak luput dari pemeriksaan.

“Anggota memeriksa secara detail jengkal demi jengkal bagian gereja,” ujar Budi, Kamis (24/12).

Tak hanya aspek keamanan, kepolisian juga menerapkan disiplin protokol kesehatan selama perayaan natal berlangsung.

Tujuannya untuk mencegah paparan virus corona saat ibadah umat kristiani itu diselenggarakan.

“Kami berkoordinasi dengan pihak gereja agar pada saat acara tetap mematuhi protokol kesehatan. Prosedurnya sama, semua harus mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” terang Budi.

Polres juga, kata Budi, menyambut baik rencana pelaksanaan misa natal di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Indramayu yang akan berlangsung secara live streaming.

Hal tersebut seperti disampaikan Pendeta GKI Indramayu, Markus Hadinata, kepada pihak kepolisian. Menurut Markus Hadinata seperti dikatakan kepada polisi, dilakukannya misa natal secara streaming ini menyikapi penyebaran Covid-19 yang masih mewabah di Kabupaten Indramayu.

Dalam perkembangan yang sama, Polres Indramayu juga melaksanakan pengawasan secara ketat kegiatan libur natal dan tahun baru (nataru) kali ini.

Salah satu yang menjadi titik pengawasan penuh adalah kegiatan transportasi darat. Polres setempat telah membuat pos pengamanan (pospam) terpadu di rest area tol Cipali km 130.

Di lokasi itu, ada petugas gabungan yang mengawasi pergerakan kendaraan pemudik asal Jakarta dan kota lainnya yang masuk ke wilayah Indramayu.

Sejumlah stasiun kereta api juga tak luput jadi lokasi yang diawasi ketat. Puluhan personel gabungan bersiaga diseluruh stasiun kereta api yang ada di Indramayu.

“Kami ingin memastikan libur nataru kali ini berjalan dengan aman dan lancar serta bebas covid-19,” tegas Budi.

Sejumlah gereja yang dilakukan sterilisasi, yakni di wilayah Indramayu kota, Kecamatan Jatibarang, Kecamatan Lohbener, Kecamatan Losarang, Kecamatan Kandanghaur dan Kecamatan Karangampel.

(rif/pojoksatu)