Jokowi Diingatkan, Ini Khusus Mensos dan Menteri KKP yah…

Presiden Jokowi dan Wpres Ma'ruf Amin bersama enam menteri baru yang dilantik di Istana Negara pada Rabu (23/12/2020). Foto: BPMI Setpres

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pengamat kebijakan publik Ferdian Andi meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk program desain anti korupsi di enam kementerian yang baru dilantik.


“Pelantikan enam menteri baru di Kabinet Indonesia Maju harus diawali dengan pembentukan desain anti korupsi,” kata Ferdian dalam keterangannya kepada wartawan, Jakarta, Rabu (24/12/2020).

Menurutnya, tertangkapnya dua menteri Kabinet Indonesia Maju oleh Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK) harus menjadi pelajaran bagi Jokowi.


Kedua menteri tersebut, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo korupsi ijin benih lobster atau benur.

Lalu Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara yang terbukti korupsi dana bansos Covid-19 untuk Jabodetabek.

“Dua menteri tersangkut kasus korupsi di KPK harus menjadi pelajaran berharga dengan memastikan sisa masa jabatan empat tahun ke depan tak ada lagi menteri dan aparatur pemerintah tersangkut kasus korupsi,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Pusat Kajian Kebijakan Publik dan Hukum (Puskapkum) ini juga menyatakan, seorang menteri harus memastikan lingkaran dalamnya memiliki visi dan komitmen antikorupsi yang kuat.