Dishub Jabar Diminta Ikut Awasi Protokol Kesehatan Saat Nataru

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum.

POJOKSATU.id, BANDUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar diminta ikut juga mengawasi penerapan protokol kesehatan (prokes) masyarakat yang berlalu lintas pada saat momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Hal ini disampaikan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau kesiapan Pos Gatur Dishub Jabar di kawasan Nagreg Kabupaten Bandung, Rabu (23/12) kemarin.

Dikatakan, pengawasan terhadap prokes dilakukan lantaran momen Nataru tahun ini terjadi dalam situasi tidak normal.

“Jangan terpaku hanya karena tupoksinya mengatur lalulintas, tetapi juga ikut mengawasi penerapan protokol kesehatan bekerjasama dengan Polri dan TNI. Ini situasi tidak normal karena pandemi,” katanya dilansir dari laman resmi Pemprov Jabar.


Dalam kesempatan tersebut, Uu menuturkan pihaknya mendapat laporan terkait kesiapan dari Dishub dan kepolisian dalam pengamanan jalur libur Nataru.

“Prinsipnya pemerintah ingin momen libur Natal dan Tahun Baru itu sukses tanpa ekses terkait musim pandemi. Meskpiun secara resmi pemerintah melarang perayaan tahun baru, tetapi tidak bisa sampai melarang mobilitas orang,” paparnya.

Lebih lanjut, Uu juga meminta jajaran Dishub membantu antisipasi gangguan keamanan di masa libur Nataru, 19 Desember 2020 – 3 Januari 2021.

“Sedini mungkin harus sudah bisa diantisipasi kemungkinan gangguan keamanan agar maayarakat bisa libur dengan nyaman dan aman,” ujarnya.

Selain itu, Uu juga berpesan agar jajaran Dishub juga bisa membantu penanganan jika terjadi bencana.

(zul/pojoksatu/adv)