Sandiaga Uno jadi Menteri Jokowi: Ini Rekonsiliasi Sesungguhnya Cebong-Kampret

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno hadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024. Foto net
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno hadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024. Foto net

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pengamat politik Adi Prayitno menilai positif masuknya Sandiaga Salahuddin Uno ke dalam Kabinet Indonesia Maju sebagai hal yang positif


Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, penunjukkan Sandi sebagai Menperkeraf itu menunjukkan rekonsiliasi politik tingkat elite sudah selesai.

BACA: Sandiaga Uno Susul Prabowo Masuk Kabinet Jokowi, Jawaban PA 212 Singkat Banget


“Masuknya Sandi melengkapi rekonsiliasi politik sesungguhnya cebong-kampret. Ini resuffle yang mantab rekonsiliatif,” ujar Adi dikutip dari JPNN, Selasa Selasa (22/12).

Pendapat senada juga disampaikan analis komunikasi politik Emrus Sihombing yang menilai Jokowi telah mengambil keputusan yang tepat.

“Dengan masuknya Sandiaga ke dalam pemerintahan, Presiden Jokowi dapat menciptakan kesimbangan politik,” ujar Emrus dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (22/12).

Akan tetapi, Sandiaga juga haram menyia-nyiakan kesempatan dan kepercayaan yang diberikan Jokowi.

BACA: Keputusan Jokowi Tunjuk Sandiaga Uno itu Tepat, tapi…

“Sandiaga harus menunjukkan perencanaan program selama 100 hari pertama,” tuturnya.

Sandiaga, lanjut Emrus, juga harus bisa merealisasikan program yang telah direncanakan di 100 hari kedua.

Tidak hanya itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga harus mampu membuat program ekonomi kreatif dan pariwisata yang bisa meningkatkan devisa negara.