Anggota DPR Ragukan Kemampuan Menkes Baru, Agak Beda dari Sebelumnya

Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama enam menteri baru. Foto BPMI Setpres

POJOKSATU.id, JAKARTA— Anggota DPR RI yang membidangi kesehatan Saleh Partaonan Daulay mengaku ragu dengan kemampuan Menteri Kesehatan (Menkes) baru Budi Gunadi Sadikin (BGS).


“Kan banyak orang yang meragukan Pak BGS. Sebetulnya keraguan itu beralasan. BGS bukan dari kalangan dunia kesehatan,” ujar Saleh kepada Pojoksatu.id melalui pesan singkatnya, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Menurutnya, keraguan tersebut berdasarkan alasan BGS bukan terlahir dari kalangan dunia kesehatan, lainya halnya dengan menteri-menteri kesehatan sebelumnya.

“Ini agak berbeda dengan kebiasaan sebelum-sebelumnya dimana menkes selalu berasal dari profesional di bidang kedokteran,” jelasnya.


Kendati demikian, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu berharap BGS mampu menangani persoalan kesehatan, terutama menangani wabah Covid-19.

“Tapi banyak harapan dan ekspektasi dilekatkan di pundak BGS. Ada banyak tugas di Kemenkes perlu ditangani secara serius, dan juga persoalan Covid-19,” pungkas Saleh.

Untuk diketahui, Budi Gunadi Sadikin lahir pada 1964, ia meraih gelar fisika nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1988.

Kemudian, Budi Gunadi juga meraih gelar pendidikan ekonominya dari Washington University, Amerika Serikat.

Dia mulai merintis IBM Asia-Pacific HQ, Tokyo pada 1988, lalu kembali ke Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai System Integration and Professional Services Manager IBM Indonesia pada 1994.

Perjalanan karier Budi Gunadi terbilang mulus, berbagai jabatan telah didapatkan.

Budi dipercaya menjadi General Manager Banking, Chief General Manager wilayah Jakarta, dan Chief General Manager bidang sumber daya manusia di Bank Bali (sekarang Bank Permata).

Budi juga pernah menjabat sebagai Senior Vice-President Director, Consumer and Commercial Banking, ABN AMRO Bank Indonesia & Malaysia hingga 2004.

Selanjutnya, dia bergabung dengan EVP, Head of Consumer Banking di Bank Danamon dan Direktur Adira Quantum Multi Finance hingga 2006.

Budi juga ditunjuk sebagai Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi. Satgas tersebut bagian dari Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Hingga akhirnya, Budi Gunadi Sadikin ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (22/12) menjadi Menteri Kesehatan (Menkes) menggantikan Terawan Agus Putranto lantaran direshuffle.

 

(muf/pojoksatu)