Ketua MPR Singgung Politik Uang di Pilkada 2020, Harusnya Cakada yang Ditindak

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menanggapi berbagai isu aktual yang terjadi belakangan ini di tanah air.

Salah satu yang disoroti pria akrab dipanggil Bamsoet itu yakni maraknya masalah politik uang saat Pilkada serentak 2020.

Menurutnya, banyak pelaporan mengenai politik uang. Namun, dalam laporan tersebut aparat penegak hukum hanya memproses pemberi uang.

Padahal, kata Bamsoet, para kepala daerah dan wakil kepala daerah lah yang seharusnya ditindak lebih lanjut dalam kasus tersebut.


Demikian disampaikan Politisi Partai Golkar itu dalam keterangannya kepada wartawan menanggapi berbagai isu yang terjadi di tanah air, Jakarta, Senin (21/12/2020).

“Praktik politik uang mendominasi tindak pidana Pilkada 2020, dalam penindakannya baru pemberi uang yang ditindak. Sedangkan calon kepala-wakil kepala daerah belum diproses secara hukum,” ujarnya.

Oleh karena itu, Bamsoet meminta aparat penegak menindaklanjuti laporan dugaan politik uang tersebut mulai dari pemberi, penerima hingga para kandidat yang terbukti.