Cegah Penularan Covid-19, PKK Jakpus Adakan Rapid Test Gratis

Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Pusat gelar rapid test gratis.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Dalam rangka menyambut Hari Ibu, Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Pusat, Selasa (15/12), adakan rapid test gratis.

Plh Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus), Irwandi, mengapresiasi kegiatan yang bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini.

Ia juga meminta kepada para kader PKK untuk tak lupa menerapkan protokol kesehatan, selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M).

“Jangan sampai kita menggebu-gebu memerangi Covid-19, tetapi lalai memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Ini tidar benar,” tegasnya.


Sementara itu, Plh Ketua TP PKK Jakarta Pusat, Emma Gema Diana menjelaskan, rapid test gratis ini digelar bersama mitra kerja yang peduli terhadap kesehatan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Total yang ikut rapid test sebanyak 100 orang. Ini untuk mendukung program pemerintah dalam deteksi dini rantai penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Kemudian, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Sudin Kesehatan Jakpus, Rosvita menambahkan, pihaknya mengerahkan 16 petugas medis dari enam kecamatan dalam kegiatan rapid tes ini.

“Jika kedapatan ada yang positip maka langsung di swab dan menunggu hasil swab dua hingga tiga hari,” pungkasnya.

Sebelumnya, sebanyak 85 warga RT 03/05, Komplek Marinir Cilandak, Kelurahan Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, menjalani swab test di gedung Komplek Marinir Cilandak, Kamis (27/8).

Kasudin Kesehatan Jakarta Selatan, Helmi mengatakan, pihaknya terus melaksanakan pemeriksaan rapid tes dan swab untuk memastikan kesehatan warga di Jakarta Selatan.

“Hasil test akan keluar pekan depan,” ujar Helmi. Ia berharap, hasil test dari laboratorium nanti semuanya negatif Covid-19.

“Kami minta warga tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas,” tuturnya.

(muf/pojoksatu/adv)