Ada yang Giring TNI Berpolitik, Gatot Nurmantyo: ABRI Dulu Jatuh di Titik Terendah

Presidium KAMI Gatot Nurmantyo. Foto: Youtube Refly Harun

POJOKSATU.id, JAKARTA — Eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo menilai TNI kini terlihat seperti era Orde Baru. Menurutnya, saat ini ada yang menggiring TNI melakukan politik praktis.

Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Gatot Nurmantyo menyampaikan penilaiannya tentang kinerja TNI saat ini.

Menurut Gatot, TNI sudah berubah sebagai alat propaganda politik pemerintah saat ini.

“Kalau kita melihat perkembangan situasi yang terjadi akhir-akhir ini ada warning, peringatan, bahwa TNI telah terlihat menjadi seperti pada tahun Orde Baru yang lalu,” papar Gatot saat menjadi pembicara dalam webinar yang digelar KAMI, Jumat malam (4/12/2020).


Gatot bahkan melontarkan dugaan ada sejumlah pihak yang berusaha menggiring TNI berpolitik. Baginya, tindakan itu bisa membuat TNI jatuh pada titik terendah.

“Inilah yang dulu menyebabkan ABRI jatuh pada titik paling rendah,” ungkap Gatot.

Gatot kemudian mendorong TNI dijaga profesionalismenya. Baginya, tugas itu bukan hanya menjadi tugas anggota TNI saja, melainkan juga tanggung jawab semua pihak di luar TNI.

“Menjaga profesionalisme TNI bukan tanggung jawab TNI saja, tapi seluruh komponen bangsa,” tegasnya.

Seperti diketahui, selain masalah baliho HRS, hal lain yang jadi sorotan publik adalah sikap Penglima TNI Marsekal Hadi yang menyebut adanya ancaman perang yang lebih berbahaya di media sosial.

(ral/int/pojoksatu)