Ade Armando : 6 Rumah Jemaat Gereja Dibakar di Sigi, 4 Orang Meninggal

Jemaat gereja dibakar di Sigi. (Istimewa)

POJOKSATU.id, SIGI – Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando menyebut 4 rumah jemaat gereja dibakar di Sigi, Sulawesi Tengah.

Selain rumah jemaat, pelaku juga membakar gedung Gereja Pos Pelayanan Lemban Tongoa, Sulteng.

Akibat kejadian itu, 4 orang jemaat gereja meninggal. Mereka dibantai oleh pelaku.

“2 orang meninggal dipotong, 1 orang putus leher dengan badan dan 1 orang dibakar. Pemerintah harus bertindak tegas,” kata Ade Armando di akun Facebook miliknya, Sabtu (28/11).


Ade Armando membagikan berita berbahasa Inggris. Dalam berita itu disebutkan bahwa International Christian Concern (ICC) mengetahui perisitwa tersebut pada 27 November 2020.

Laman persecution.org melansir, teroris menyerang Gereja Pos Pelayanan Lemban Tongoa dan membakar enam rumah jemaat gereja.

Pelaku membantai jemaat gereja, yakni Kapten Arnianto, Ny. Mpapa, Letnan Abram Kako dan istrinya.

Dari empat korban tersebut, tiga orang dibacok hingga tewas, sedangkan seorang lainnya dibakar.

“ICC berduka atas kematian saudara-saudari Indonesia yang dibunuh secara brutal oleh tersangka teroris,” kata Gina Goh, Manajer Regional ICC untuk Asia Tenggara.

“Kami mendesak pemerintah Indonesia untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk meminta pertanggungjawabannya dan mengadili pelaku,” tambahnya.

“Tindakan tidak masuk akal seperti itu tidak dapat ditoleransi di negara yang membanggakan Pancasila, ideologi negara yang mempromosikan kerukunan dan toleransi beragama,” tandas Gina Goh.