Kemenkes Pastikan Kesiapan RS, Obat, Alat Kesehatan untuk Covid-19 Mencukupi

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir. (YouTube BNPB Indonesia)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir memastikan kesiapan rumah sakit dalam penanganan Covid-19.

Disampaikannya dalam siaran pers, Minggu (22/11), saat ini persentase keterisian tempat tidur di rumah sakit mencapai 50 persen. Sehingga masih bisa menampung pasien jika terjadi lonjakan.

Namun, jika terjadi lonjakan yang sangat signifikan, Abdul Kadir mengatakan, pihaknya pun sudah menyiapkan langkah antisipasi.

“Jika terjadi kenaikan pasien hingga 51-100 persen, maka Kementerian Kesehatan telah memerintahkan kepada seluruh rumah sakit untuk melakukan penataan tempat tidur dengan menambah kapasitas ruang pasien Covid-19. Tentunya menambah ruangan isolasi dan menambah ruangan ICU,” paparnya.


Tidak hanya itu, Abdul Kadir menuturkan, obat serta alat kesehatan juga mencukupi.

“Sampai saat ini ketersediaan obat sangat mencukupi dan stok obat juga cukup, demikian juga dengan ketersediaan peralatan kesehatan,” ungkapnya.

Meski begitu, Abdul Kadir mengimbau kepada masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

“Tetap melakukan protokol kesehatan dengan tentunya menjalankan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan pakai sabun. Saya kira ini penting untuk semua untuk memutus rantai penularan Covid-19 dan tentunya kita berdoa, mudah-mudahan kita semua diberikan kesehatan,” tandasnya.

(zul/pojoksatu/adv)