IDAI : Proporsi Anak-Anak Terinveksi Covid-19 11,3 Persen

Yogi Prawira, Ikatan Dokter Anak Indonesia. (YouTube BNPB Indonesia)
Yogi Prawira, Ikatan Dokter Anak Indonesia. (YouTube BNPB Indonesia)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyoroti angka kasus Covid-19 pada anak-anak.

Perwakilan IDAI Yogi Prawira mengatakan, proporsi anak-anak yang terinveksi Covid-19 cukup mengkhawatirkan.

“Proporsi dari anak-anak yang terinveksi Covid-19 di Indonesia tadi total 11,3 persen. Artinya apa, satu dari 9-10 orang yang terinveksi itu adalah anak atau di bawah 18 tahun. Ini proporsi yang cukup mengkhawatirkan,” katanya dalam talkshow Hari Anak Sedunia: Anak Bebas Covid-19, Jumat (20/11).

Yogi menuturkan, sekitar 85 persen anak-anak yang terinveksi Covid-19 memiliki gejala ringan bahkan tanpa gejala. Namun, ada sekitar 2 persen yang mengalami sakit kritis hingga perlu perawatan di ICU.

“Kebetulan ICU anak, bahkan sebelum pandemi pun masih kurang, apalagi sekarang ICU yang khusus Covid-19 dengan tekanan negatif dan terisolasi. Bayangkan kalau itu terjadi pada satu keluarga, kan tadi kita bicara persentase nih, kalau terjadi ke anak kita, saudara kita, ponakan kita, yang tadi angkanya cuman sekian persen jadi 100 persen untuk keluarga tadi, ini yang perlu disadari,” paparnya.

Tidak hanya terpapar virus, Yogi mengatakan, anak-anak juga bisa menularkan. Kondisi ini tentunya menjadi perhatian lebih, jika dalam lingkungan rumah terdapat kelompok umur yang berisiko terpapar virus.

Nah, kata Yogi, untuk melindungi anak-anak dari Covid-19, para orang tua diharapkan bisa memberikan pemahaman untuk menerapkan protokol kesehatan, terutama saat keluar rumah.

“Di situ, anak-anak, kita bisa ajarkan ‘kamu bisa loh jadi pahlawan’, ‘kamu bisa loh melindungi kakek-nenek yang kita sayang’ dengan keluar rumah pakai protokol kesehatan, seperti itu,” tandasnya.

(zul/pojoksatu/adv)

Loading...