Karhutla, Wakil Ketua DPR Minta KLH Bentuk Tim Khusus

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin.Foto Humas DPR RI

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) diminta aktif terhadap kebakaran hutan yang telah mendapat sorotan tajam dari sejumlah kalangan aktivis lingkungan hidup.

Karena itu, KLHK haus segera membentuk tim khusus untuk memutus rantai peristiwa serupa tak terulang.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin dalam keterangannya yang diterima PojokSatu.id, Minggu (15/11/2020).

“Silahkan diselesaikan Dirjen Gakum KLHK bisa bergerak untuk menyelesaikan masalah ini. Menyelamatkan ekosistem dan keberagaman hayati di hutan Papua lebih penting dibandingkan merusak tatanan alam yang jelas-jelas merugikan,” papar Azis.


Azis pun mengingatkan, bahwa persoalan Papua saat ini, khususnya pembakaran hutan bukan semata-mata problem internal KLHK.

“Ini sudah menjadi persoalan negara. Apalagi ada narasi bahwa muncul masalah penyerobotan lahan,” tegasnya.

Ditambahkan Azis, konsen publik saat ini, lebih mengedepankan hutan merupakan paru-paru dunia.

“Siapa yang membakar hutan esensinya dia adalah musuh kita bersama. Sudah saatnya siapapun kita peduli pada Alam yang semakin hari semakin mengkhawatirkan perubahan iklimnya,” tambahnya.

Pemerintah Indonesia, khususnya DPR, sambung Azis, menegaskan tidak ada trade off atau pertukaran antara pemulihan ekonomi dan pelestarian lingkungan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

“Dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan, DPR terus menekankan tidak ada trade off, sekali lagi, tidak ada trade off antara pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan,” jelasnya.