Kolaborasi Pemerintah dan Seluruh Lapisan Masyarakat Bisa Tekan Penyebaran Covid-19

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal. (YouTube BNPB Indonesia)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal mengatakan, pemerintah pusat dan daerah serta seluruh laporan masyarakat harus berkolaborasi untuk menekan penyebaran Covid-19.


Hal ini disampaikan Safrizal dalam talkshow bertema Aksi Duta Perubahan Perilaku, yang disiarkan melalui channel YouTube BNPB Indonesia, Kamis (12/11).

“Negara kita luas sekali, tidak bisa seluruh upaya dilakukan oleh pemerintah semata-mata tapi membutuhkan kolaborasi, bukan saja pemerintah pusat, pemerintah daerah juga, tapi semua lapisan masyarakat,” katanya.

Safrizal pun memberikan contoh kolaborasi pemerintah lewat acara launching 5 juta masker di Kepri.


“Kemarin kami ada di Kepri, kami launching 5 juta masker, semua berpartisipasi, pengusaha berpartisipasi, pemerintah berpartisipasi sehingga terkumpul 5-6 juta masker,” paparnya.

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan, kolaborasi semua potensi perlu dilakukan agar menjadi kekuatan besar dalam melawan Covid-19.

“Oleh karenanya, apa yang kita lakukan adalah mengkolaborasikan semua potensi menjadi kekuatan yang besar, pekerjaan yang kita lakukan secara sinergi, bersama-sama harapannya tentu, makin besar usaha kita untuk perubahan perilaku yang kita cita-citakan, yang 3M, dapat kita wujudkan,” paparnya.

“Pemerintah memang semula membuat kebijakan, tapi kebijakan sekarang sudah cukup komplit, kemudian pemerintah daerah mengelaborasikan kebijakan tersebut lalu membuat kegiatan-kegiatan atau upaya-upaya sesuai local wisdom, sesuai karakter daerah masing-masing. Tujuannya sama, kepatuhan terhadap protokol kesehatan,” tandasnya.

(zul/pojoksatu/adv)