Menteri Agus Ungkap Upaya Agar Industri Tetap Beroperasi di Tengah Pandemi

Agus Gumiwang Kartasasmita

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku, sejak Covid-19 ada di Indonesia, pihaknya terus memutar otak agar proses produksi tetap berjalan namun tidak menjadi klaster penyebaran.


Hal ini diungkapkan Menteri Agus dalam talkshow bertema Update KPCPEN: Penanganan Covid-19, Pemulihan Ekonomi Nasional dan Ketahanan Pangan, Senin (9/11).

Dikatakan, upaya yang dilakukannya diantaranya dengan menerbitkan beberapa surat edaran yang intinya memberikan koridor dan aturan pada industri-industri untuk tetap melakukan proses produksi dengan menyampaikan usulan atau proposal terhadap izin operasional dan mobilitas kegiatan industri (IOMKI).

“IOMKI ini sifatnya sukarela dari perusahaan-perusahaan industri yang ingin tetap melaksanakan proses produksi. Karena ini sukarela tentu perusahaan-perusahaan industri juga mempunyai kewajiban untuk memenuhi standar-standar protokol kesehatan yang sudah digariskan atau dirumuskan oleh pemerintah,” paparnya.


“Dalam surat edaran nomor 8, misalnya, kita merumuskan bagaimana industri ini tetap harus memberikan laporan kepada kami, di Kementerian Perindustrian, terhadap apa saja upaya-upaya mereka untuk bisa melaksanakan protokol kesehatan dan juga mitigasi seperti apa, apabila di industri masing-masing ditemukan kasus-kasus yang berkaitan dengan Covid-19,” sambungnya.

Lebih lanjut, Agus memastikan pihaknya menyadari betul untuk menjaga perekonomian, kegiatan industri tidak boleh ketinggalan. Namun, di situasi pandemi saat ini, sektor kesehatan juga tidak boleh diabaikan.

“Kami sadar betul juga bahwa penanganan kesehatan harus di depan sementara sektor industri harus mengikuti secara ketat di belakangnya. Jadi sekarang belum waktunya sektor industri bisa mendahului sektor kesehatan, tapi dia tidak boleh jauh ketinggalan dari sektor kesehatan. Ini yang betul-betul sejak awal kami coba untuk tangani,” tandasnya.

(zul/pojoksatu/adv)