Tren Pasien Covid-19 di RS Swasta Cenderung Menurun

Sekretaris Jendral ARSSI Iing Ichsan Hanafi. (source YouTube BNPB Indonesia)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Tren penurunan pasien Covid-19 tidak hanya terjadi di RS Darurat, tapi juga di RS swasta.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jendral Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Iing Ichsan Hanafi dalam talkshow bertema Update RS Darurat Covid-19: Trend Pasca Libur Panjang, yang disiarkan melalui channel YouTube BNPB Indonesia, Senin (2/11).

“Kondisinya pasien ini kecenderungannya menurun, di beberapa rumah sakit swasta juga trennya menurun,” katanya.

Adapun penurunan jumlah pasien, dikatakan Iing, dimungkinkan karena penerapan PSBB hampir di semua daerah hingga peningkatkan kesadaran masyarakat soal protokol kesehatan.


“Tadi sudah disampaikan, apakah tren menurun ini, ya syukur alhamdulillah. Apakah ini dampak dari PSBB yang diberlakukan di semua daerah, terus juga mungkin pengetahuan masyarakat yang sudah semakin baik gitu ya, sehingga mereka yakni untuk menjaga diri dan keluarganya agar terhindari dari ini,” paparnya.

Selain itu, kata Iing juga karena kesiapan obat-obatan dan tenaga kesehatan yang tersedia di RS swasta.

“Terus juga kami di rumah sakit juga memang obat-obatan tersedia dengan bagus. Selain obat-obatan juga, di kami juga tenaga lebih siap lagi sehingga ya mudah-mudahan kejadiannya akan melandai, menurun terus,” tambahnya.

Terkait dengan kemungkinan lonjakan kasus pasca libur panjang, Iing berharap hal tersebut tidak terjadi. Meski begitu, ia mengaku sudah mengambil langkah antisipasi.

“Memang sekarang menurun tapi kita tetap antisipasi. Sampai sekarang sih memang kecenderungan untuk naik itu belum kelihatan ya. Mudah-mudahan ke depan juga tidak terjadi seperti itu,” ungkapnya.

“Kesempatan ini dimanfaatkan kami di RS, untuk tenaga medis sendiri kita akan relaksasi beberapa dokter, perawat dan dari aspek manajemen kami juga tentunya mempersiapkan ruangan penunjang ini, mempersiapkan lagi, kalau misalnya terjadi lonjakan kami sudah siap. Jadi tempat tidur dan fasilitas lain-lainnya, kesempatan sekarang itu kita perbaiki kita perbagus lagi,” tandasnya.

(zul/pojoksatu/adv)